Cv Di tolak

Picture by : https://atopcareer.com

Dalam melamar pekerjaan salah satu dokumen penting yang harus dilampirkan adalah Curriculum Vitae (CV) atau data diri. Tapi tak sedikit yang memahami informasi apa saja yang seharusnya dicantumkan pada pembuatan CV ini.

Banyak yang menyepelekan dan memberikan informasi yang tidak perlu untuk dilampirkan. Oleh karena itu, sebelum membuat CV ada baiknya mengetahui kesalahan-kesalahan fatal yang harus dihindari dengan menyimak ulasan berikut. 

Terlalu Banyak Typo

Sebagai pelamar pekerjaan pastikan kamu melakukan segala sesuatu dengan baik dan teliti. Salah satunya bisa kamu tunjukkan dalam pembuatan CV. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang tidak penting seperti typo. 

Hal ini akan membuat recruiter tidak perlu pikir panjang lagi untuk tidak meloloskan kamu ke tahap selanjutnya. Penulisan kata yang typo pada CV menandakan kamu seorang yang tergesa-gesa dan tidak teliti. 

Mencantumkan Informasi yang Tidak Terjamin Kebenarannya

Melakukan sebuah kebohongan akan menjadikan kamu dicap sebagai pembohong seumur hidup. Begitu juga dalam sebuah data yang kamu cantumkan pada CV. Perusahaan lama kelamaan akan menyadari ada yang aneh dengan portofolio yang kamu cantumkan. 

Pembohongan ini bisa mempengaruhi karir kamu di kemudian hari lho, jadi dalam pembuatan CV diwajibkan untuk mencantumkan riwayat pendidikan, keahlian, pencapaian yang sesuai dengan apa yang kamu dapat ya. 

Kesalahan membuat cv

Picture by : https://www.usnews.com

Informasi yang Terlalu Banyak maupun Terlalu Sedikit

Mencantumkan informasi yang tidak perlu akan membuat recruiter menganggap kamu orang yang kurang kompeten. Seperti halnya kamu mencantumkan hobi yang tidak sesuai dengan deskripsi job desk yang kamu lamar, contohya kamu melamar pada posisi marketing executive di perusahaan kosmetik tapi kamu mencantumkan kuliner sebagai salah satu hobinya. Hal ini akan membuat pihak HRD langsung mencoret namamu karena kamu dianggap tidak informatif dan terlalu bertele-tele.

Selain itu, kamu juga diharuskan untuk mencantumkan pengalaman berorganisasi, magang, dan pencapaian lainnya yang pernah ditempuh dengan jelas. Hal terpenting lainnya yang perlu dicantumkan adalah pengalaman magang yang sesuai dengan job description yang sama dengan kualifikasi posisi yang kamu lamar. 

Selain ketiga hal di atas kamu juga harus membaca secara jeli apa saja yang perusahaan minta dalam lampiran CV. Sebagian perusahaan biasanya meminta foto dengan kualifikasi tertentu. Dengan begitu lakukanlah perintah yang diberikan oleh perusahaan, jangan sampai kamu memberikan foto yang tidak sesuai seperti foto selfie, foto bersama teman atau foto liburan yang seharusnya tidak dibutuhkan oleh perusahaan. 

Jadi, jangan sampai mengulang kesalahan kedua kalinya ya! Yuk segera perbaiki CV dan dapatkan pekerjaan yang kamu mau dengan kualitas CV yang lebih baik.