mata panda

Picture by: https://cdns.klimg.com/

Lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut dengan istilah mata panda merupakan kondisi di mana bagian kantong mata seseorang berwarna lebih gelap dibandingkan sekitarnya. Hal tersebut dialami oleh semua orang, baik wanita ataupun pria. Dan dengan keberadaan mata panda seperti itu, maka membuat tampilan mu menjadi terganggu dan wajahmu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Ketika sudah parah, maka lingkaran hitam tersebut cukup sulit untuk dihilangkan. Bahkan ada yang melakukan terapi atau operasi kecil untuk dapat menghilangkan mata panda tersebut. Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui apa, sih, yang menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata tersebut.

Faktor usia

Faktor usia adalah suatu hal yang sangat diyakini menjadi penyebab terbesar dan utama munculnya mata panda pada seseorang. Ketika usia sudah beranjak lanjut, maka kulit akan mengalami apa yang disebut dengan hiperpigmentasi di sekitar area mata. Hal tersebutlah yang kemudian menyebabkan lingkaran hitam itu.

Kelelahan

Ketika tubuh tidak mendapatkan haknya secara penuh, yaitu istirahat yang cukup karena sering begadang, aktivitas pekerjaan fisik berat sampai dengan menatap layar komputer berjam-jam setiap harinya, juga dapat membuat lingkaran di sekitar mata menjadi menghitam. Terlebih lagi, ketika kelelahan tersebut disebabkan kurang tidur, maka selain area sekitar mata menjadi menghitam, kulitpun menjadi kusam, kering dan cenderung pucat.

Ketegangan Pada Mata

Menatap televisi atau layar komputer dalam jangka waktu lama setiap harinya dapat menyebabkan ketegangan yang signifikan pada mata. Ketegangan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata bisa menjadi gelap.

Alergi

Reaksi alergi dan mata kering bisa memicu munculnya lingkaran hitam di kelopak mata. Saat kamu mengalami reaksi alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap bakteri berbahaya. Selain menyebabkan gejala tidak nyaman, termasuk gatal, kemerahan, dan mata bengkak, histamin juga menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat di bawah kulit matamu.

mata panda 2

Picture by: https://fitshop-production.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/

Dehidrasi

Percaya atau tidak, dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab umum munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuhmu tidak menerima jumlah air yang tepat, kulit di bawah mata akan mulai terlihat kusam dan mata menjadi terlihat cekung. Ini karena kedekatannya dengan tulang di bawahnya.

Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh memproduksi melanin atau pigmen yang memberikan warna kepada kulit menjadi berlebih. Ketika kamu mendapatkan paparan sinar matahari terutama pada bagian wajah, maka pigmentasi pada kulit di sekitarnya menjadi gelap.

Faktor Genetika

Sejarah keluarga juga berperan dalam menciptakan lingkaran hitam di bawah mata. Ini bisa menjadi sifat bawaan yang terlihat sejak masa kanak-kanak, dan mungkin semakin memburuk seiring bertambahnya usia atau juga dapat perlahan menghilang. Kecenderungan kondisi medis lain, seperti penyakit tiroid, juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.