sepatu

Picture by : https://media.suara.com

Ladies, berapa banyak nih, koleksi sepatu wanita hak tinggi alias high heels yang kamu punya? Sepatu dengan penyangga tumit ini pada umumnya dipakai untuk menjadikan tampilan lebih elegan. Tak cuma itu saja, high heels juga jadi penyelamat untuk kamu yang tidak terlalu tinggi. ‘Bantuan’ beberapa sentimeter dari hak sepatu ini bisa menambah tinggi tubuh sehingga memakai baju apapun jadi terlihat lebih proporsional.

Tapi tahukah kamu, kalau sebenarnya ada bahaya yang mengintai di balik penggunaan sepatu wanita hak tinggi? Ya, menurut jurnal kesehatan yang diunggah di situs Hackensack Meridian Health, pemakaian sepatu dengan penyangga tumit memang memiliki efek kurang baik terhadap tubuh, jika digunakan terlalu lama dan terlalu sering. Saat memakai high heels, secara otomatis berat tubuh akan bertumpu ke depan. Ujung jari dan pangkal jempol kaki yang biasanya menjadi penumpu utama, rawan mengalami peradangan.

Ini yang Terjadi Saat Memakai High Heels Secara Berlebihan

Dr Baskin dari Hackensack Meridian Health New Jersey mengatakan bahwa ketika menggunakan high heels, seolah ada sebuah gelombang kejut yang terus menjalar dari kaki menuju tulang belakang. Hal ini membuat tubuh berusaha menyeimbangkan posisi sehingga otot betis menjadi lebih pendek karena dipaksa untuk bertahan di sudut kemiringan tertentu.

Selain itu, pemakaian sepatu wanita hak tinggi secara berlebih juga menyebabkan terjadinya bunions atau rasa sakit di sendi jempol kaki, jari-jari menjadi mudah kebas, munculnya callus (kapalan) yang semakin lama semakin mengeras,  sampai penebalan jaringan saraf antara jari kaki.

Seram juga kan, Ladies? Tapi bukan berarti kamu harus berhenti menggunakan high heels, ya! Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi efek buruk pemakaian high heels, yaitu:

  1. Letakkan kedua tangan untuk menopang berat tubuh
  2. Tarik satu kaki ke belakang dan kemudian tekan bagian tumit ke lantai
  3. Tekuk sedikit lutut yang digunakan sebagai pijakan dan kemudian tahan selama 2 menit
  4. Lakukan bergantian pada kaki satunya

Selain itu, kamu juga harus membatasi penggunaan high heels hanya ketika bekerja atau menghadiri acara istimewa. Selebihnya, lebih baik gunakan flat shoes atau sneakers yang memberikan kenyamanan maksimal pada kaki.

Yes, beauty is pain. Tapi jangan biarkan keinginan untuk tampil cantik membuatmu mengabaikan masalah kesehatan. Kecantikanmu tetap bisa terpancar maksimal kok, apapun jenis sepatu wanita yang dipakai. Yang terpenting padukan dengan pakaian yang pas dan kenakan penuh percaya diri!