Jerawat 1 min

Picture by: https://res.cloudinary.com/

Jerawat memanglah musuh semua orang yang tidak bisa dihindari walaupun kamu sudah berusaha sedemikian rupa. Banyak orang yang kehilangan kepercayaan diri hanya karena memiliki beberapa jerawat yang tumbuh di wajahnya. 

Selain itu jerawat juga merupakan sebuah indikasi atau reaksi ketika ada sesuatu yang salah dan terjadi pada diri kamu. Tapi ingat, jangan sampai salah langkah dalam menangani permasalahan yang satu ini ya. Hal ini dikarenakan jerawat akan lebih cepat menyebar dan terjadi break out yang berkepanjangan. Untuk itu, beberapa hal berikut perlu kamu lakukan ketika jerawat tumbuh di wajah. 

Mencari Tahu Sumber dan Akibat Munculnya Jerawat 

Sebelum melakukan treatment untuk masalah kulit ini, ada baiknya kamu mencari tahu hal apa sih yang menyebabkan jerawat ini muncul. Bisa jadi hal ini dikarenakan kamu akan menstruasi, mencoba skincare atau makeup baru yang ternyata kurang cocok, sedang sibuk sehingga tidak bisa merawat kulit dengan baik, pola tidur yang berantakan atau konsumsi makanan yang tidak sehat.

Semua hal tersebut adalah faktor terbesar munculnya jerawat pada wajah, oleh karena itu cobalah untuk lebih peka dan segera mengetahui apa sih yang menjadi sumber jerawat ini. 

Menggunakan Acne Spot Treatment

Dalam hal yang medadak ini, sebaiknya kamu segera mengoleskan spot treatment pada jerawat yang baru mulai tumbuh. Hal ini bisa mempercepat proses penyembuhan pada jerawat. Sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengeringkan jerawat ini. 

jerawat 2 min

Picture by: https://soc-phoenix.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/

Menggunakan Pembersih dan Pelembab Secara Teratur

Jerawat biasanya muncul dikarenakan adalah masalah minyak atau kotoran yang tersumbat pada wajah. Oleh karena itu kamu diwajibkan untuk membersihkan wajah ketika bangun tidur, setelah menggunakan makeup dan mau tidur. Membersihkan wajah keseringan juga nggak baik lho, hal ini dikarenakan wajah kamu akan cepat kering yang akan mengakibatkan iritasi pada kulit. 

Selain pembersih, jerawat juga bisa terjadi karena kadar minyak yang berlebih atau malah tidak tercukupi yang biasa disebut dengan kulit dehidrasi. Sehingga menyeimbangkan kadar minyak pada wajah merupakan salah satu kuncian. Pilihlah pelembap yang membuat kulit wajah kamu terasa nyaman. Dan ingat! Selalu sesuaikan produk dengan jenis kulit yang kamu miliki. 

Ketika telah melakukan beberapa treatment di atas dan jerawat kamu belum ada perubahan hingga satu minggu lamanya. Ada baiknya segera berkonsultasi kepada dokter kulit untuk memastikan apa yang sedang dialami dan dibutuhkan oleh kulit kamu. Takutnya jerawat yang tumbuh terjadi karena alergi yang tidak kamu ketahui sebelumnya.