cek kesuburan

Picture by: https://cdn.popmama.com/

Semua pasangan pastinya ingin sekali memiliki momongan. Hanya saja, tidak semua dapat dikaruniai buah hati itu dengan segera. Bahkan ada pula yang divonis tidak dapat memiliki anak karena tidak subur. Nah, untuk kamu yang sedang ada dalam kondisi tersebut, yuk cek dulu beberapa informasi penting terkait kesuburan wanita berikut ini!

Kapankah Kesuburan pada Wanita akan Menurun?

Tidak semua wanita mengalami proses dan waktu sama untuk masalah penurunan kesuburan. Tapi, ya, memang kesuburan wanita akan menurun seiring dengan usia dan beberapa faktor lainnya. Namun sebagai parameter umum, masa subur wanita akan mengalami penurunan ketika sudah berusia 35 tahun. 

Setiap bulannya, wanita akan mengalami penurunan kualitas sel telurnya secara alami. Pada usia-usia tertentu, sel telur tersebut mengalami kelainan kromosom atau kesalahan dalam DNA. Dan hal ini banyak dialami oleh wanita di atas usia 35 tahun. Oleh karenanya, walaupun tidak dapat dijadikan patokan pasti, namun usia 35 adalah waktu di mana kesuburan wanita akan menurun.

Kenapa Rokok dan Kopi Disebut Sebagai Salah satu Sebab Kesuburan pada Wanita Menurun?

Secara umum, rokok menciptakan radikal bebas yang akan dikonsumsi tubuh. Tidak hanya bagian-bagian tertentu saja, seperti kulit, radikal bebas tersebut juga akan mengancam kualitas dari sel telur. Sedangkan kopi sendiri disebut sebagai alasan pereduksi kesuburan karena kandungan kafein di dalamnya dapat memperlambat kontraksi otot yang mengganggu perjalanan sel telur dari ovarium ke rahim.

Selain rokok dan kopi, ada banyak hal lagi yang dapat membuat kesuburan wanita turun, seperti obesitas, pola hidup tidak sehat sampai dengan fisik yang terlalu lelah. Jadi jika kamu masih muda dan ingin punya momongan, atur pola makan dan hidup sedari dini.

Apa Parameter Seseorang Sulit Hamil?

Sebenarnya tidak ada parameter khusus untuk pertanyaan tersebut, namun apabila ingin mengetahui sebagai gambaran dasar saja, kamu dapat melihat track kehamilan dari ibu sampai dengan nenekmu. Apakah untuk hamil membutuhkan waktu lama atau hanya sebentar saja dihitung dari awal pernikahan. Biasanya, cepat tidaknya hamil juga dipengaruhi faktor genetik, sehingga kemungkinan kamu mengalami hal yang sama dengan ibu atau nenekmu. 

kesuburan masa 2

Picture by: https://www.honestdocs.id/

Berapa Usia Ideal untuk Hamil?

Secara medis, waktu paling ideal untuk hamil adalah antara akhir 20-an hingga awal 30-an. Namun bukan berarti di luar usia tersebut kamu tidak bisa hamil, ya. Segala sesuatunya memungkinkan hanya saja resikonya juga lebih besar. Yang terbaik adalah meminta bantuan dokter untuk merencanakan program kehamilan.

Semoga dari pertanyaan dan jawaban di atas dapat memberikan gambaran kepadamu ya, Ladies.