Retinol 3

Picture by: https://miro.medium.com/

Semakin tua seseorang, maka ada perubahan dari sisi fisik dan penampilan, terutama pada wajah. Pasti kamu akan merasakan perubahan pada kulit wajah di saat berusia 25 tahun ke atas. Mungkin ada yang beranggapan di usia 25 tahun bukanlah hal yang penting untuk menggunakan produk anti-aging. Tapi jangan salah, ketika kamu memasuki rentang umur 25 tahun kamu proses regenerasi kulit akan mulai melambat

Jadi, sebaiknya mulai lah mencegah penuaan sedini mungkin ya! Salah satu kandungan yang terkenal dengan pencegah penuaan nomer wahid adalah retinol. Retinol sendiri berasal dari turunan retinoid, yaitu turunan vitamin A. Kandungan ini digadang-gadang dapat merangsang produksi kolagen, regenerasi kulit  dan memberikan efek memperhalus tekstur kulit. Tapi, tahukah kamu bahwa retinol memiliki pantangan dalam pemakaian? 

Jangan Terlalu Obsesi Menggunakannya

Banyak di antara kamu yang merasa semakin banyak dan sering kamu menggunakan produk semakin banyak khasiat yang kamu dapat. Stop! Buang jauh-jauh anggapan tersebut. Retinol memiliki kandungan aktif yang akan membuat kulitmu dehidrasi ketika memakai terlau berlebihan. Selain itu, jika kamu pemula dalam dunia penggunaan retinol, sebaiknya menggunakan konsentrasi yang paling rendah ya. Biarkan kulit kamu beradaptasi dengan kandungan ini, intinya jangan terlalu obsesi terhadap sesuatu!

Jangan Gunakan Siang Hari

Kebanyakan produk yang memiliki kandungan zat aktif dikemas di dalam botol kaca yang memiliki warna gelap. Termasuk juga dengan retinol, hal ini dilakukan karena untuk menjaga cairan di dalam botol terlindungi dari cahaya matahari. Karena, retinol memiliki sifat akan pecah dan rusak ketika terpapar sinar matahari secara langsung. 

Sehingga retinol sangat disarankan untuk digunakan di malam hari. Boleh aja sih digunakan siang hari, tapi kamu harus menggunakan sunscreen di atasnya. Tapi supaya kamu nggak khawatir atau was-was dengan efek sampingnya, lebih baik gunakan malam hari saja.

Retinol 2

Picture by: https://imgcdn.femaledaily.com/

Jangan Aplikasikan Kandungan Ini, Ketika Sedang Menggunakan Retinol 

Karena retinol sendiri mengandung zat aktif yang membuat kulit kering, kamu sangat dilarang untuk menggunakan produk eksfoliasi ya. Jauhi kandungan AHA/BHA atau produk yang mengandung benzoil peroksida. Karena jika kamu mneggunakannya secara bersamaan hal ini akan beresiko membuat kuliat wajah iritasi dan mengelupas. 

Jadi ketika kamu sudah menjatuhkan hati untuk menggunakan retinol, pastikan untuk menjauhi larangan di atas ya. Jauhi rasa sok tahu dan ingin segera mendapatkan hasil yang maksimal ketika sedang menggunakan skin care. Kamu harus sabar dan telaten untuk trial and error, karena mencari kecocokan produk untuk wajah sama sulitnya seperti mencari jodoh.