skincare min

Picture by: https://i0.wp.com/

Memiliki kulit sensitif memang harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk merawatnya. Pasalnya kamu diwajibkan mengetahui kandungan apa saja sebelum membeli produk skin care maupun makeup.

Ketika kamu salah membeli produk maka tak perlu menunggu waktu lama, kamu akan menerima reaksi instan pada wajah. Seperti iritasi, ruam merah, jerawat atau bruntusan. Sehingga ada baiknya sebelum membeli produk skin care dan makeup kamu mengetahui kandungan apa saja yang aman untuk kulit sensitif ini. 

Jojoba Oil

Kulit yang sensitif tidak disarankan untuk melakukan double cleansing dengan produk yang memiliki kandungan alcohol. Sehingga untuk melakukan double cleansing sada baiknya kamu menggunakan minyak jojoba ini terlebih dahulu sebelum mencuci muka dengan sabun. 

Mengapa harus minyak jojoba atau jojoba oil? Hal ini dikarenakan jojoba oil memiliki sifat yang mild sehingga cocok untuk segala jenis kulit, apa lagi untuk kulit sensitif. Tenang, walaupun berbahan dasar minyak, minyak yang satu ini bersifat non komedogenik sehingga nggak perlu takut pori-pori kulit kamu tersumbat. 

Bakuchiol

Ektrak dari tumbuhan Psoralea Coryfolia ini juga dikenal baik digunakan untuk kulit sensitif, kulit remaja bahkan aman untuk ibu hamil. Bakuchiol ini digadang-gadang bisa menggantikan fungsi utama kandungan aktif retinol vitamin A. Tapi bedanya bakuchiol ini memiliki efek samping yang lebih sedikit karena terbuat dari bahan alami. 

Sama halnya dengan retinol, bakuchiol juga baik digunakan pada malam hari sebelum tidur setelah penggunakan tonner atau essence. Pastikan untuk menggunakan sun screen pada esok paginya ya!

skincare 2 min

Picture by: https://img.okezone.com/

Ceramide

Jika kamu bingung memilih pelembap untuk kulit sensitive, ada baiknya memilih moisturizer dengan produk yang memiliki kandungan ceramide sebagai bahan utamanya. Hal ini dikarenakan ceramide bisa membantu membangun fungsi barrier lho.  

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap ini di pagi dan malam hari, untuk mendapatkan kelembapan yang sesuai sehingga menghindari kulit yang dehidrasi.

Azelat Acid

Untuk kamu yang sedang bingung mencari produk eksfoliasi pada kulit sensitif, maka produk dengan kandungan azelat acid ini sangat cocok untukmu. Azelat acid merupakan eksfoliator ringan, walaupun ringan bahan ini terkenal ampuh untuk mengobati bakteri pada jerawat.

Jadi sekarang nggak perlu bingung lagi deh memilih produk skin care untuk kulit sensitif kamu. Jadikan beberapa bahan di atas sebagai salah satu acuan kandungan utama pada produk yang ingin kamu beli ya!