Niacinamide
Picture by: https://cms.sehatq.com/

Nicotinamide atau biasa dikenal dengan niacinamide ini adalah bentuk dari vitamin B3 yang sangat berguna untuk memperbaiki kondisi kulit terutama kulit pada wajah. Kandungan ini sering sekali ditemukan pada obat jerawat maupun gel penghilang bekas jerawat.

Selain itu ternyata banyak sekali kegunaan niacinamide yang wajib kamu ketahui, lalu apa saja sih manfaat lain dari kandungan vitamin B3 ini, yuk langsung simak ulasan di bawah ini.

Pereda Inflamasi pada Kulit Wajah

Niacinamide dapat meredakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada kulit kamu, pastikan untuk selalu tanggap jika terjadi peradangan. Oleskan produk skincare yang memiliki kandungan niacinamide pada seluruh wajah atau fokuskan saja pada pusat peradangan yang sedang terjadi.

Dijamin dalam waktu kurang dari satu hari radang yang terjadi pada kulit akan mengempis perlahan.

Proteksi atau Pelindung Kulit dari Sinar UV

Ketika sedang terjadi peradangan atau adanya jerawat pada kulit wajah, pastikan untuk melakukan proteksi agar radang yang ada tidak semakin parah karena terpapar sinar UV. Ternyata kandungan niacinamide juga dapat berfungsi sebagai pelindung khususnya pada jerawat dan bekas jerawat yang ada.

Sehingga kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide sebelum menggunakan sunscreen untuk menambah proteksi pada jerawat dan bekasnya.

Manfaat dan Kecanggihan Skincare dengan Kandungan Niacinamide
Picture by: https://jatenglive.com/

Memperbaiki Tekstur Kulit

Terkadang kulit akan memiliki tekstur yang sedikit tidak merata setelah adanya jerawat di wajah. Untuk membuat tekstur wajah kembali seperti semula, kamu bisa menggunakan serum niacinamide setelah menggunakan tonner dan sebelum menggunakan pelembap.

Membantu Memudarkan Hiperpigmentasi Bekas Jerawat

Salah satu kandungan yang ampuh untuk memudarkan bekar jerawat pada wajah adalah niacinamide. Pastikan untuk menggunakan kandungan niacinamide setidaknya 5% untuk menjadikan spot treatment pada noda bekas jerawat.

Kamu akan mendapatkan hasil maksimal setidaknya 3 minggu hingga 1,5 bulan setelah pemakaian teratur. Selain itu penggunaan niacinamide secara teratur juga akan membatu kulit memproduksi kolagen, sehingga bagus untuk merawat elastisitas kulit wajah.

Cara kerja niacinamide sendiri adalah dengan mencegah penurunan kadar air pada kulit atau biasa disebut dengan transepidermal water loss. Sehingga dengan begitu kandungan niacinamide dapat menstimulasi sistesis protein keratin. Keratin sendiri adalah protein yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan kulit dan membentuk perlindungan pada kulit.

Produk dengan kandungan niacinamide dapat digunakan pada morning skincare routine karena vitamin B3 ini sangat bermanfaat untuk melindungi dampak buruk dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit.