kulit berminyak min

Picture by: https://asset.winnetnews.com/

Memiliki jenis kulit wajah yang berminyak pastinya ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tentunya keuntungan akan lebih banyak kamu dapat jika merawat kulitmu ini dengan produk-produk yang tepat. 

Kulit berminyak ini diakibatkan karena kulit memiliki kelenjar minyak yang besar sehingga akan memproduksi minyak berlebih. Hal ini lah yang menimbulkan wajah orang dengan kulit berminyak akan lebih sering mengalami jerawat karena kemungkinan pori-pori tersumbat lebih besar dibanding kulit kering.

Untuk menghindari pori-pori tersumbat kamu diwajibkan untuk sering membersihkan kulit menggunakan pembersih yang dapat menjaga keseimbangan pH kulit dan dapat melawan bakteri-bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Beberapa bahan pada skincare berikut seharusnya kamu hindari agar tidak memperparah kondisi kulit berminyak dan acne prone ini. 

Hindari Pemakaian Pure Natural Oil dengan Kandungan Oleat Tinggi

Bagi sebagian jenis kulit pure natural oil mungkin saja dapat bekerja dengna maksimal, tapi tidak dengan kulit berminyak. Beberapa pure natural oil memiliki kandungan oleat yang cenderung tinggi. Hal ini mengakibatkan pori-pori akan lebih mudah tersumbah. Sehingga minyak yang kamu aplikasikan pada wajah tidak akan memberikan hasil yang maksimal, yang ada malah membuat wajah kamu berjerawat.

Tapi ada beberapa pure natural oil yang aman digunakan pada kulit berminyak, seperti tea tree oil dan rosehip oil. Hal ini dikarenakan kedua minyak tersebut memiliki kandungan linoleate tinggi. Linoleat sendiri memiliki fungsi sebagai antibakteri yang baik untuk kulit berjewarat.

Silikon juga Tidak Baik untuk Kulit Berminyak

Sama halnya dengan pure natural oil, silicon juga merupakan salah satu bahan yang dapat menyumbat pori-pori karena teksturnya yang tebal. Tekstur tebal ini memang diperuntukkan untuk memberikan efek halus pada wajah. Sehingga biasanya bahan silicon sangat banyak ditemui pada primer, moisturizer dan tabir surya.

Sangat disarankan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, mencari produk-produk yang berlabel “Non comedogenic”. Dengan adanya label ini, produk telah menjamin bahwa bahan-bahan yang terdapat didalamnya tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit wajah.

kulit berminyak 2 min

Picture by: https://cdn.harianpijar.com/

Hindari pula Pemakaian Bahan dengan Kandungan Alkohol 

Alkohol memang dapat melawan bakteri-bakteri pada wajah, tapi tak banyak kulit berminyak akan menimbulkan reaksi buruk ketika menggunakan produk berbahan alkohol. Hal ini dikarenakan alkohol merupakan kadungan yang dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit. Sehingga, kulit yang merasa dirinya kurang lembap akan mengeluarkan minyak terus-menerus dan membuat muka semakin berminyak. 

Dengan mengetahui 3 dari banyaknya bahan yang harus dihindari si pemilik kulit berminyak, akan membuat kamu lebih waspada dan teliti dalam pembelian produk. Jangan sampai melewatkan pembacaan ingredients ketika ingin membeli produk skincare maupu makeup ya!