Kulit kusam

Picture by: https://cdn-2.tstatic.net/

Semua wanita pasti memiliki keluhan dan ketakutan yang sama, yaitu memiliki kulit yang terlihat kusam. Kamu adalah wanita yang bekerja di ruangan ber AC? Atau bahkan pekerja yang berada di outdoor? Semua pasti pernah mengalami kulit kusam. Jadi sebenarnya gimana sih cara mengatasi permasalahan satu ini? Ingin tahu? Berikut tips yang dapat kamu lakukan.

Pastikan Kamu Membersihkan Wajah dengan Benar

Jangan sampai lewatkan hal satu ini! Membersihkan wajah adalah suatu keharusan yang nggak boleh kamu tinggalkan. Karena, ketika kamu merasa lelah dan malas untuk membersihkan maka sisa-sisa make up, debu, keringat yang masih menempel di wajahmu akan membuat pori-pori tersumbat. Alih-alih kusam, kamu bahkan bisa jerawatan lho! Jadi, jangan sampai lupa dan malas untuk membersihkan muka kamu ya!

Pakai Tonner Setelah Membersihkan Wajah

Step selanjutnya adalah memakai tonner. Mengapa harus memakai tonner? Karena tonner memang difungsikan untuk mengunci Kembali pori-pori wajah setelah terkena lotion pembersih atau sabun pencuci muka. Selain itu, fungsi penting lain dari tonner adalah menyeimbahkan pH pada wajah. Ketika pH wajah kamu sudah seimbang maka kulit wajah kamu siap menerima step skin care berikutnya!

Gunakan Pelembap yang Sesuai dengan Tipe Kulit Kamu

Pelembap adalah hal berikutnya yang sangat penting. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan nutrisi pada kulit kamu agar tidak dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan mengakibatkan wajah terlihat kusam dan menimbulkan jerawat. Namun sebelum kamu menggunakan pelembap ada baiknya kamu pastikan duu kandungannya sesuai dengan tipe kulit kamu ya! Jika kamu salah Langkah dalam memilih pelembap hal ini akan mengakibatkan over hydrated atau bahkan atau membuat kulitmu tidak menerima nutrisi dengan cukup. 

Kulit kusam 2

Picture by: https://i2.wp.com/www.koran.id/

Jangan Lewatkan Sunscreen!

Kulit kamu gosong? Tentu saja karena kamu tidak menggunakan sunscreen. Hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah sunscreen. Kenapa demikian, karena sunscreen melindungi kulit kamu dari sinar matahari secara langsung. Pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang cukup ya.  

Jangan Lupa Lakukan Exfoliating!

Exfoliating berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah kamu. Salah satu faktor kulit kamu telihat kusam dikarenakan banyak sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan. Exfoliating bisa dilakukan dengan scrubbing atau menggunakan tonner AHA/BHA/PHA. Tapi lakukan exfoliating paling banyak seminggu 3 kali, ya. Karena jika terlalu sering akan mengakibatkan kulit kamu dehidrasi dan kering. Jadi pastikan kamu melakukan semua ini sesuai anjuran ya!

Bagaimana mudah bukan langkah-langkah untuk menghempaskan kulit kusam di atas? Jangan sampai kamu melewatkan satu step tersebut ya!