bau badan

Picture by: https://d15hng3vemx011.cloudfront.net/

Ketika sedang berkumpul dengan teman atau sedang bertemu dengan kolega bisnis, salah satu hal sepele yang akhirnya membuat nilaimu menjadi minus di mata mereka adalah saat bau badanmu tidak dapat terkendali dan menyerang rongga hidung lawan bicaramu.

Ya, memang, sih, semua orang pasti memiliki bau badan. Hanya saja, ada yang tidak terlalu berbau atau masih dapat ditolerir oleh hidung, ada pula yang sangat menyengat dan membuat orang lain memutuskan untuk menghindar atau menahan nafas ketika sedang bertemu.

Bagi yang merasa bau badannya tidak dapat ditolerir walaupun sebelum keluar rumah sudah menggunakan parfum, maka beberapa hal berikut ini dapat kamu coba untuk menghilangkan aroma tersebut bertambah parah.

Jaga Kebersihan Diri

Tentu saja, yang paling awal untuk dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri. Caranya adalah mandi setidaknya satu atau dua kali sehari. Selain dapat menghilangkan keringat, mandi juga dapat menyingkirkan bakteri penyebab bau, debu-debu, kuman sampai dengan daki yang menempel pada kulit.

Gunakan Sabun Antibakteri

Apabila kamu hanya memakai sabun biasa saja, maka hal itu dirasa kurang tepat. Coba ganti sabunmu dengan sabun antibakteri. Sebenarnya keringat yang keluar dari tubuh tersebut tidak bau, hanya saja ada jenis bakteri khusus yang akhirnya membuatnya berubah aroma. Dengan menggunakan sabun antibakteri maka dapat membantu menghilangkan beberapa bakteri, yang dapat membantu menghilangkan bau.

Gunakan Antiperspiran 

Setelah mandi, tubuh akhirnya menjadi bersih. Maka keringkanlah dengan menggunakan handuk yang bersih. Kemudian, gunakan antiperspiran yang kuat pada bagian ketiak. Antiperspiran seperti ini rata-rata mengandung aluminium klorida atau bahan kimia yang membantu menahan keringat berlebih, dan sering kali juga ada yang sudah mengandung deodoran. Gunakan dua kali sehari – sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

bau badan 2

Picture by: https://asset-a.grid.id/

Jaga Kebersihan Pakaian 

Selain tubuh, kamu juga masih wajib untuk menjaga kebersihan pakaian yang kamu kenakan. Ganti pakaian sesering mungkin saat berkeringat banyak. Pakaian yang bersih dan kering dapat membantu mengurangi bau badan. Pastikan untuk mengganti kaus kaki, terutama jika Anda cenderung memiliki bau kaki. Gunakan bubuk deodoran di sepatu Anda, sering-seringlah mengganti sol dalam, dan bertelanjang kaki jika memungkinkan.

Hindari Makanan atau Minuman yang Dapat Memicu Bau Badan

Ya, tentu saja, apa yang kamu makan itu dapat memengaruhi bau badan. Makanan yang cenderung membuat Anda lebih banyak berkeringat, seperti cabai atau makanan pedas lainnya, juga dapat menyebabkan bau badan. Makanan-makanan yang menggunakan bawang merah atau bawang putih juga dapat membuat keringatmu berubah aroma. Minuman dengan kafein atau alkohol juga dapat membuat Anda lebih banyak berkeringat.