payudara

Picture by: https://cdn.idntimes.com/

Tentu kamu sudah sering dengar ya, ada banyak sekali kematian akibat kanker payudara. Itulah mengapa penting sekali mengetahui serba-serbi penyakit pada payudara, yang ternyata bukan cuma kanker tapi ada pula kista dan tumor. Yuk, simak informasinya berikut ini!

Tumor Payudara

Tumor payudara muncul karena disebabkan adanya pertumbuhan sel yang berlebih. Hanya saja, berbeda dengan kanker, pertumbuhan dan lokasi bersemayamkan tumor ini tidak sampai menyebar ke bagian lain. Selain itu, perkembangannya pun tidak cepat, bahkan dari waktu ke waktu dapat dikatakan relatif sama.

Ketika menjelang sampai dengan fase menstruasi terjadi, benjolan tumor ini akan menghilang begitu saja dan baru akan muncul lagi setelah periode menstruasi berhenti. Hal tersebut terjadi secara terus menerus setiap bulannya. Jika dilihat dengan mata telanjang, benjolannya akan terlihat cukup jelas dan dapat digeser ke kanan atau ke kiri karena memang jaringannya tidak menyebar ke mana-mana.

Tanda lain dari tumor payudara adalah ada perubahan pada struktur kulit di sekitar benjolan serta di daerah areola. Saat diraba atau dipegang, maka akan terasa nyeri atau bahkan sakit.

Kanker Payudara

Kanker payudara memiliki sifat dan karakteristik yang berkebalikan dengan tumor payudara. Jika tumor payudara hanya mendiami satu daerah saja, jaringan kanker dapat menyebar dengan pertumbuhan yang sangat agresif. Setelah menyebar, sel-sel kanker tersebut akan mengakuisisi fungsi serta struktur sel inangnya.

Untuk ukurannya sendiri, benjolan kanker payudara akan berukuran kecil di awal yang lama kelamaan bertambah besar seiring dengan waktu. Hal itu dikarenakan penyebaran selnya yang sangat cepat. Ditambah lagi, bentuknya tidak bulat telur, melainkan tidak memiliki tepian yang jelas serta terasa kasar. Benjolan kanker payudara juga tidak dapat digerakkan ke kanan atau ke kiri seperti halnya benjolan tumor payudara.

Hanya saja, walaupun menyebar ke berbagai tempat, ketika dipegang atau diraba, tidak akan terasa nyeri dan sakit. Akan tetapi ketika sel kanker sudah menekan lebih ke dalam organ, maka rasa nyeri baru terasa.

Ketika sel kanker sudah semakin menyebar dan akarnya masuk ke dalam, maka akan membuat jaringan kulit rusak. Para penderita kanker payudara akan mendapati kulit di daerah di mana kanker tersebut tumbuh menjadi kasar dan puting menjadi tertarik ke dalam.

payudara 1

Picture by: https://2.bp.blogspot.com/

Kista Payudara

Kista payudara sendiri cukup mirip karakteristiknya dengan tumor payudara. Untuk teksturnya sendiri, kista payudara berbentuk bulat atau oval dan kenyal, empuk dan sedikit terasa sakit saat diraba. 

Dan seperti halnya tumor payudara, kista payudara ini dapat digeser-geser ke kiri dan ke kanan. Hanya saja, benjolan kista payudara justru akan semakin jelas terlihat dan membesar saat seorang wanita akan masuk dalam fase menstruasi dan kembali mengecil saat fase tersebut berakhir.

Kista payudara ini terbentuk karena terdapatnya penumpukan cairan di kelenjar payudara. Penyebab lainnya adalah karena infeksi atau juga ketidakseimbangan hormon estrogen dalam tubuh. Seorang wanita biasanya akan memiliki satu atau dua kista pada payudaranya.

Nah, jangan ragu untuk memeriksakan diri saat merasa ada benjolan pada payudara ya, Ladies