oeatmeal 1

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang biasa dinikmati sebagai sarapan. Tapi apakah kamu mengetahui bahwa selain baik untuk kesehatan jantung, oatmeal juga memiliki manfaat yang tak kalah baik untuk kulit wajah lho. 

Hal ini dikarenakan oatmeal merupakan biji-bijian yang berasal dari gandum dengan dilengkapi banyak nutrisi di dalamnya. Sehingga oatmeal kaya akan kandungan antioksidan dan serat yang menyehatkan.

Lalu manfaat lain apa saja sih yang dimiliki oatmeal? Untuk mengetahuinnya yuk simak ulasan berikut. 

Membantu Mengatasi Kulit yang Sedang Iritasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, oatmeal kaya akan kandungan antioksidan. Selain kaya akan kandungan antioksidan, oatmel ternyata juga memiliki zat antiradang lho. Dua kandungan inilah yang efektif untuk mengetasi iritasi pada kulit. 

Bukan hanya iritasi, memakai produk skin care yang memiliki salah satu kandungan oatmeal akan membantu meredakan gatal pada penyakit eksim, alergi maupun dermatitis lho. 

Salah Satu Bahan yang Bisa Dijadikan Scrub Lembut untuk Wajah

Scrub alami yang digadang-gadang efektif mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah adalah oatmeal. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki tekstur yang cukup lembut dan memiliki sifat melembapkan pada wajah. 

Kamu bisa lho membuat scrub alami ini di rumah, caranya cukup mudah yaitu haluskan 2 sdm oatmeal menggunakan blender, campur 1 sdm madu dan 1 sdt susu sapi cair. Lalu oleskan perlahan ke seluruh permukaan wajah. Setelah dirasa cukup rata, bilas menggunakan air dingin. 

oeatmeal 2

Sebagai Cleanser untuk Kulit Sensitif

Oatmeal merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu jadikan pembersih pada kulit wajah yang sensitif. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki kandungan saponin. Saponin ini merupakan senyawa kimia yang biasa ditemukan pada tumbuhan. 

Saponin sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan sabun, yaitu mengikat molekul minyak dan kotoran pada wajah. Namun dikarenakan oatmeal tidak mengandung senyawa kimia seperti deterjen maka hal ini lah yang membuatnya aman untuk kulit wajah yang sensitif.

Walaupun oatmel berasal dari bahan alami, tapi tak banyak yang merasakan reaksi negatif seperti gatal-gatal, kulit kering bahkan bentol pada wajah. Hal ini dikarenakan sebagian orang memiliki alergi tertentu. 

Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum menggunakan oatmeal atau produk yang memiliki kandungan oatmeal sebagai salah satu pilihan skin care, kamu melakukan pengecekan alergi terlebih dahulu pada kulit tangan atau belakang telinga sebelum menggunakannya ke wajah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya untuk kesehatan kulit kamu!