olahraga

Picture by: https://cdn-image.hipwee.com/

Apa nih, olahraga favorit kamu? Kalau ikut tren sih, zumba di studio atau fitness di tempat gym ternama tentu jadi pilihan utama, ya. Tapi tak bisa dipungkiri, biaya kedua olahraga ini cukup mahal bahkan bisa menyentuh angka jutaan. Tak masalah kalau kamu sudah menganggarkan dana khusus, tapi bagaimana jika masih ada keperluan yang lebih mendesak? Tenang saja, ada kok olahraga murah yang sangat baik untuk kesehatan wanita yaitu jogging. Ini dia beberapa manfaat jogging yang perlu kamu tahu:

Menurunkan Berat Badan

Dengan melakukan joging secara rutin, maka selain dapat menyehatkan tubuh, juga dapat mengurangi berat badan, lho. Memang berkurangnya kalori itu tergantung dari berat badan awal, tapi rata-rata seorang wanita dengan berat 55 kilogram dan melakukan joging selama 30 menit untuk menempuh sekitar 8 kilometer dengan kecepatan sedang, maka dia akan membakar 230 kalori.

Meningkatkan Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Ketika berlari, arteri dalam tubuhmu secara otomatis akan membesar dan berkontraksi sekitar tiga kali lebih sering dibandingkan saat beristirahat. Dengan membesarnya arteri itu, maka dapat meningkatkan sistem sirkulasi darah dan juga meningkatkan sistem kardiovaskular. Tidak hanya itu saja, dengan berlari atau joging, maka memiliki kontribusi langsung pada kesehatan jantung serta memompa naiknya kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), elastisitas arteri terjaga sampai menurunkan tekanan darah.

Memperlambat Proses Penuaan

Dengan bertambahnya usia, maka otot dan jaringan tulang otomatis akan berhenti berkembang. Pada kondisi tersebut, maka seseorang akan lebih rentan menderita masalah pada otot serta jaringan tulangnya. Oleh karena itu, dengan melakukan joging secara rutin maka dapat memperkuat otot-otot yang sudah kehilangan elastisitasnya sekaligus memperkuat tulang dan membantu mencegah osteoporosis.

penuaan

Picture by: https://obs.line-scdn.net/

Terhindar dari Stres

Dalam hal ini bukan memiliki artian kamu akan terbebas dari stres selamanya, tapi dengan berlari, maka kamu secara tidak langsung melatih otak untuk tetap fokus pada suatu tujuan dan melupakan sisanya. Tidak hanya itu saja, dengan berlari, maka ada gelombang alfa pada otak yang dilepaskan dan dapat membawa perasaan rileks.

Memang, sih, setelah berlari maka tubuh akan penat dan capek, akan tetapi setelah mandi dan membersihkan badan, maka kamu akan lebih mudah tidur karena tubuhmu terasa fresh, rileks dan otot-otot menjadi ‘tenang.’ Selain itu, kamu juga akan mendapatkan suasana hati yang lebih baik setelah berlari dibandingkan apabila kamu seharian bersantai saja. Yuk, mulai jadwalkan jogging sekarang!