skin care untuk kulit sensitif

Picture by : https://www.cetaphil.com.au

Melakukan perawatan pada kulit sensitif memang nggak boleh asal. Selain kandungan pada skin care yang perlu diperhatikan, cara pengaplikasiannya pun harus dilakukan dengan benar. Jika ada beberapa langkah yang terlewatkan bisa saja membuat kulit kamu mengalami reaksi yang tidak diinginkan. 

Apakah kamu yakin bahwa langkah-langkah yang kamu lakukan sudah benar? Jangan-jangan walaupun sudah memilih kandungan yang sesuai dengan kulit sensitif, wajah kamu tetap mengalami reaksi buruk karena cara pengaplikasiannya yang salah. Oleh karena itu, ulasan di bawah ini akan membantu kamu mengetahui step apa saja yang harus dilakukan untuk pengaplikasian skin care untuk kulit sensitif.

Pastikan untuk Melakukan Double Cleansing 

Double cleansing dibutuhkan dalam segala jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif. Sehingga sebelum melanjutkan pemakaian skin care yang lain ada baiknya untuk melakukan tahap ini. Pertama-tama bersihkan wajah dengan jojoba oil yang tentu aman digunakan sebagai first step cleanser untuk kulit sensitif. 

Tuangkan minyak jojoba ini pada kapas dan usap memutar secara perlahan. Setelah itu cuci muka menggunakan sabun cuci, usap perlahan ke wajah dan bilas dengan air. Pastikan untuk memilih sabun cuci muka yang memiliki kandungan mild dan tidak terdapat scrub di dalamnya. 

Aplikasikan Hydrating Tonner 

Pengaplikasian hydrating tonner merupakan step yang wajib. Hal ini dikarenakan kulit yng sensitif lebih mudah dehidrasi. Sehingga kamu harus mengaplikasikan hidrasi berlayer pada wajah.

Cara pengaplikasian yang disarankan untuk kulit sensitif adalah tuangkan tonner pada tangan dan tepuk-tepuk perlahan pada muka. Sebisa mungkin hindari penggunaan kapas berlebihan karena dapat membuat kulit menjadi kering. 

kulit sensitive

Picture by : https://www.simpleskincare.com

Pelembap adalah Kunci

Penggunaan pelembap pada step skin care adalah hal yang wajib. Pastikan untuk menggunakan pelembap yang memiliki kandungan aman untuk kulit sensitif. Hindari kandungan yang komedogenik yang mengakibatkan pori-pori tersumbat dan membuat bruntusan atau bahkan jerawatan. 

Penggunaan pelembap ini pun juga harus dilakukan dengan cara yang lembut. Jika pelembap ditempatkan dalam wadah jar. Gunakan spatula sebagai alat bantu untuk mengambil produk, jangan biasakan untuk mengambil produk menggunakan tangan telanjang ya.

Jangan Lupakan Sun Screen

Penggunaan sun screen adalah salah satu step yang harus diwajibkan. Jangan sampai melewatkan step ini ya! Pilih juga produk sun screen yang tidak mengandung alcohol maupun bahan yang bersifat komedogenik.

Semua step di atas wajib kamu aplikasikan dengan benar, jika ingin menambahkan essence atau serum aplikasikan setelah penggunaan pelembap dan sebelum sun screen ya!