Bertanya

Picture by: https://d15hng3vemx011.cloudfront.net/

Setiap wanita tentunya ingin tampil lebih baik dari lainnya. Oleh karenanya ada banyak cara yang dilakukan agar tampilannya lebih menarik. Bahkan tidak sedikit yang melakukan operasi untuk membuat bagian tubuh tertentu seperti yang diinginkan, contohnya saja operasi payudara.

Hanya saja membuat keputusan untuk menjalani operasi elektif seringkali bukanlah tugas yang mudah. Bagi sebagian orang yang harus menjalani operasi tersebut karena masalah penyakit, operasi payudara berfungsi sebagai cara untuk merekonstruksi payudara setelah kehilangan jaringan payudara selama pengobatan. Tapi bagi sebagiannya lagi, operasi payudara dilakukan untuk membuat tampilannya lebih baik, seperti pengurangan atau memperbesar ukuran payudara atau bahkan mengangkat dan mengubah posisi payudara setelah penurunan berat badan atau pasca kehamilan.

Apapun prosedur dan alasannya, berikut ini ada beberapa pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri sebelum memutuskan operasi payudara itu adalah keputusan akhir yang harus dilakukan.

Apakah Kamu Melakukan Operasi Payudara untuk Diri Sendiri atau Orang Lain?

Ini mungkin tampak seperti pertanyaan yang aneh untuk dipertimbangkan, tetapi banyak dari wanita membuat keputusan untuk mengubah salah satu bagian dai tubuh hanya karena ingin menyenangkan atau menenangkan orang lain dan agar terlihat menarik di mata seseorang saja. Entah itu atas desakan pasangan, teman atau anggota keluarga, jika kamu tidak membuat keputusan untuk diri sendiri, mungkin keputusan untuk melakukan operasi payudara itu dapat kamu pertimbangkan lagi.

Apakah Kamu dalam Kondisi Fisik yang Baik?

Semua operasi memiliki risiko komplikasi baik besar ataupun kecil. Meskipun operasi payudara dianggap sangat aman dan sering dilakukan, tapi ketika kondisi fisikmu sedang tidak bagus, maka akan ada potensi komplikasi yang bakal kamu dapatkan pasca operasi. Sebagai penilaian kondisi fisik yang bagus adalah fisik kamu harus stabil dalam kondisi prima setidaknya selama 6 bulan sebelum melakukan operasi. Alasan kenapa harus 6 bulan karena hal tersebut untuk mengetahui hasil operasinya. Dengan kondisi fisik buruk maka dapat mengubah hasil operasi payudaramu itu.

bertanya 1

Picture by: https://media.suara.com/

Apakah Kamu Punya Waktu Pra dan Pasca Operasi?

Bagi kamu yang sedang tidak memiliki aktivitas apapun, mungkin operasi dapat dilakukan kapanpun, tapi jika kamu adalah seorang pekerja kantoran atau pemilik bisnis yang sedang sibuk-sibuknya, maka kamu wajib memikirkan ulang tentang hal itu. Walaupun pembedahannya sendiri dilakukan secara rawat jalan dan hanya memakan waktu beberapa jam, masa pemulihannya bisa mencapai 8 minggu untuk beberapa pasien. Nah, bisakah kamu tidak melakukan pekerjaan berat atau mengambil cuti dengan jangka waktu lama?

Operasi payudara memanglah bukan suatu yang ilegal untuk dilakukan, tapi kamu harus memikirkan segala hal secara masak-masak. Jangan sampai setelah kamu melakukannya, akan muncul penyesalan yang nantinya berdampak buruk pada psikis juga mentalmu.