cuci rambut

Picture by : https://www.mirror.co.uk/

“Seberapa sering kamu harus mencuci rambut?” adalah salah satu pertanyaan paling umum yang kerap ditanyakan oleh penata rambut. Memang pertanyaan itu cukup sederhana dan mudah, tapi hal itu tidak selalu memiliki jawaban yang langsung. Hal tersebut dikarenakan setiap orang dengan jenis rambut yang berbeda-beda, juga harus mencuci rambutnya dengan waktu serta sampo yng berbeda pula.

Seorang pakar rambut dan juga penata rambut terkenal dari Los Angeles, Erinn Courtney, menjelaskan bahwa, “Mencuci rambut bukanlah proses yang akan selalu sama antara satu rambut dengan rambut lainnya. Rambut kita tidak dibuat sama dan membutuhkan perawatan khusus.”

Jadi pertanyaannya adalah seberapa sering kita harus mencuci rambut berdasarkan tipe rambutnya?

Rambut Berminyak

Untuk orang dengan rambut berminyak, maka disarankan untuk mencuci setiap hari agar dapat mencegah penumpukan kotoran dan minyak.

Rambut Kering atau Rusak

Rekomendasi untuk tipe rambut kering dan cenderung rusak adalah keramas setiap 5-7 hari sekali. Hal itu perlu dilakukan agar minyak alami yang dikeluarkan rambut dapat muncul terus-menerus. Akan susah untuk mengobati rambut kering dan rusak ketika kamu setiap hari atau 2 kali sekali membersihkannya karena dapat menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan.

Rambut Bergelombang atau ikal

Bagi yang memiliki rambut ikal atau bergelombang, maka dianjurkan untuk membersihkannya setiap 4-5 hari sekali. Akan tetapi, kamu dapat mempersingkatny amenjadi 1 atau 2 hari sekali apabila rambutmu itu cukup panjang.

Rambut Keriting

Saran untuk siapa saja yang memiliki rambut keriting, baik yang bervolume kecil ataupun yang besar, adalah keramas satu minggu sekali agar pertumbuhan rambutnya menjadi normal dan optimal. Dianjurkan pula untuk menggunakan kondisioner yang cocok untuk rambut keriting agar dapat lebih membuatnya halus dan tidak cepat kotor.

cuci rambut

Picture by : https://www.shape.com/

Rambut Tipis

Orang-orang yang memiliki rambut halus dan cenderung tipis dianjurkan untuk keramas lebih sering atau 2 hari sekali. Hal tersebut dapat memberikan kelembapan yang dibutuhkan rambut agar dapat tumbuh dan berkembang lebih baik. Selain itu, rambut tipis juga lebih sering cepat kotor karena tumpukan minyak juga kerap terjadi.

Rambut Tebal

Menurut Courtney, rambut dengan volume besar dan tebal cenderung mampu menahan kelembapan. Oleh karenanya, dianjurkan untuk dapat mencucinya sekali seminggu dan jugamenggunakan kondisioner.