kebun mini

Picture by: https://dekoruma.blog/

Seiring makin banyaknya masyarakat yang peduli pada pola hidup sehat, ada banyak hal yang tadinya kurang diminati jadi hits, misalnya saja bersepeda dan berkebun. Ya, coba deh intip kanan kiri, saat ini banyak banget orang yang sibuk menghias hunian dengan berbagai jenis tanaman. Bahkan beberapa jenis tanaman yang tadinya tak dilirik, sekarang bisa dijual dengan harga cukup fantastis. Tapi bagaimana nih, dengan orang yang tak punya lahan di rumah? Masih bisakah menikmati segarnya berbagai tanaman?

Tentu bisa, dong! Coba yuk, cara membuat kebun mini yang super mudah berikut ini!

Tentukan luas lahan

Seperti namanya, kebun mini ini bisa dibuat di mana saja. Bahkan kalaupun kamu tak punya lahan terbuka alias tanah yang bisa ditanami, kebun mini tetap bisa diciptakan. Jadi pertama-tama tentukan dulu luas lahan dan posisinya. Misalnya nih, kamu mau menjadikan teras depan rumah sebagai kebun, berarti harus menyiapkan beberapa jenis pot untuk media tanam. Beda halnya kalau kamu punya taman di depan rumah, maka nantinya tanaman bisa langsung diletakkan di tanah tanpa pot.

Siapkan media yang sesuai

Menyambung tips sebelumnya, untuk area kebun mini yang tidak memiliki tanah langsung, berarti harus menggunakan pot. Lalu bagaimana kalau bahkan tidak ada area lantai untuk meletakkan pot? Gampang! Kamu bisa membeli rak bunga, sehingga nantinya beberapa jenis pot bisa dipajang tanpa harus menghabiskan tempat. Bahkan kamu juga bisa memanfaatkan area vertikal alias dinding rumah untuk menciptakan kebun mini. Tinggal bikin pot gantung dan nantinya digantung di dinding untuk mempercantik penampilan hunian.

kebun mini 2

Picture by: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Pilih tanaman yang mudah dirawat

Namanya saja kebun mini, berarti kamu juga harus memperhatikan tanaman yang ringkas dan tidak banyak makan tempat. Hindari tanaman-tanaman yang cepat rimbun dan memiliki batang besar karena akan memberikan kesan sumpek. Pilih juga tanaman yang mudah dirawat, dan tidak gampang didatangi ulat. Kalau kebun terletak di area dalam rumah, pastikan kamu memilih tanaman yang bisa hidup tanpa sinar matahari langsung.

Jangan lupa siapkan juga alat untuk merawat kebun minimu, seperti kaleng untuk menyiram atau semprotan tanaman, pupuk dan penghilang hama, serta suplemen untuk menyuburkan tanah. Kalau kamu suka, boleh juga menyiapkan aksesoris untuk mempercantik kebun mini misalnya pita yang bisa dipasang di pot atau pagar-pagaran untuk memberikan kesan lebih cantik.