keriting

Picture by: https://cdn-2.tstatic.net/

Kamu pasti setuju ya, kalau rambut keriting atau ikal punya pesona yang luar biasa. Tapi di sisi lain, perawatan jenis rambut ini memang cukup sulit. Terlebih lagi saat bangun tidur, rambut keriting atau ikal seringkali akan kusut bahkan rontok. Tapi tenang saja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Berikut daftarnya.

Gunakan Sarung Bantal Sutra atau Satin

Jika kamu memiliki rambut keriting yang alami dengan diameter batang rambut yang bervariasi, saat terbangun biasanya kamu akan menemui cukup banyak rambut-rambut yang berserakan di sekitar bantal. Hal itu disebabkan oleh batang rambut yang tidak memiliki ketebalan sama lebih rentan lepas atau patah. Ditambah lagi, ketika rambut mulai berminyak, maka selain menjadikannya lepek, setiap batangnya dapat lebih mudah menempel dan membuatnya kusut.

Untuk mencegahnya, maka kamu dapat mengganti sarung bantalmu yang terbuat dari kain biasa dengan yang berbahan sutra atau satin. Mungkin bagi kebanyakan orang material jenis ini tidak mengenakkan karena terlalu soft atau juga licin. Tapi justru sarung bantal sutra atau satin ini mampu menyerap minyak alami rambut yang dan dapat melindungi strukturnya. Dengan banyaknya minyak yang terserap, maka ketika bangun, rambut tidak menjadi lepek.

Menggunakan Ikat Rambut Khusus

Selain mengganti sarung bantal, kamu juga dapat memakai ikat rambut yang terbuat dari satin atau katun, bukan karet rambut pada umumnya, saat mau tidur. Kumpulkan rambut kemudian ikat ke arah atas kepala dengan ikatan satu kali saja. Jangan menarik terlalu keras atau mengikatnya terlalu kencang karena justru akan mencabut rambut dari akarnya. Apabila tidak memiliki ikat rambut seperti itu, maka kamu dapat menggunakan syal satin atau yang berbahan katun lainnya

rambut5

Picture by: https://asset.winnetnews.com/

Kepang dan Arahkan ke Atas

Langkah lain yang dapat membantu rambut menjadi aman dan tidak mudah rontok atau rusak adalah dengan mengepangnya dengan ikatan yang tidak terlalu kencang. Dengan semakin sedikit helai rambut yang bergesekan satu dengan lainnya, maka akan semakin meminimalisir terjadinya kerusakan atau juga kerontokan. Setelah kamu kepang, maka saat kepala berada di atas bantal, arahkan rambut ke atas. Jangan sampai tertindih.

Memang cara ini terbilang ekstrem dan tidak terlalu direkomendasikan, akan tetapi jika kamu ingin menjaga volume dan alur rambut tetap keriting atau ikal, maka kamu dapat mencoba tidur dengan rambut dalam keadaan basah. Ketika bangun, volume dan alur rambut akan terjaga. Ditambah lagi, rambut akan sedikit sekali mengalami kerontokan. Hanya saja, sisi negatifnya adalah rambut menjadi kusut.