Clay Mask id

picture by : https://post.healthline.com

Akhir-akhir ini penggunaan masker sangat booming di masyarakat. Salah satu penemuan masker yang menghebohkan dengan iming-iming memberikan hasil kulit halus bebas komedo yaitu clay mask. Clay mask sendiri merupakan masker yang terbuat dari satu atau beberapa jenis tanah liat. 

Iya tanah liat! Penggunaan tanah liat sebagai produk kecantikan sudah terjadi sejak dahulu, namun nggak banyak orang yang mengetahui tentang hal ini. Kegunaan dari clay mask sendiri adalah untuk menyerap minyak-minyak bandel yang nantinya berpotensi menimbulkan jerawat pada wajah.

Masker satu ini termasuk dalam jenis masker yang multi fungsi. Hal ini dikarenakan clay mask tidak hanya dapat digunakan pada wajah saja, namun kamu juga bisa menggunakannya untuk membershikan kotoran-kotoran pada bagian tubuh yang lain. Seperti tumit, siku, ketiak bahkan rambut. 

Untuk itu ada baiknya kamu mengetahui jenis tanah liat apa saja sih yang digunakan sebagai bahan utama clay mask ini. Yuk simak ulasan berikut untuk mengetahuinya. 

Bentonite

Bahan satu ini salah satu yang cukup awam digunakan pada dunia kecantikan. Tanah liat satu ini sangat cocok untuk kamu yang mendertia penyakit kulit seperti Eczema. Selain itu, tanah liat ini juga baik digunakan pada wajah yang berminyak, karena memiliki kegunaan dalam menyerap minyak berlebih. 

Bentonite ini mengandung mineral seperti sodium, magnesium dan potassium yang dapat menarik ion positif. Bahan lain yang terkandung pada tanah liat ini adalah silica dan allumunium. 

Clay Mask

picture by : https://www.stalbansreview.co.uk

Tanah Liat Hijau atau Green Clay

Tanah liat ini merupakan kombinasi dari oksidasi besi dengan alga dan klorofil. Alga dan klorofil ini lah yang mengakibatkan warna pada tanah liat ini tampak hijau. 

Manfaat dari tanah liat hijau atau green clay ini sendiri adalah menyerap racun dan kotoran pada pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan melancarkan peredaran darah pada wajah. Selain tanah liat ini juga sangat baik sebagai perawatan anti-aging karena terdapat alga sebagai salah satu bahan utama di dalamnya.

Kaolin 

Tanah liat satu ini terkenal sebagai tanah liat yang pertama kali ditemukan di bukit China. Selain itu, tanah liat ini juga salah satu jenis yang memiliki partikel paling lembut dibandingkan dengan jenis tanah liat lain yang biasa digunakan sebagai masker. 

Kaolin terkenal sangat kaya akan silica dioksida dan mineral kaolinite, sehingga tanah liat ini memiliki pH netral yang tentunya sangat baik digunakan pada wajah. Manfaat dari tanah liat ini antara lain dapat sebagai detox pada kulit, mencerahkan kulit, menenangkan kulit yang iritasi dan kemerahan dan bahkan untuk membersihkan kulit kepala. 

Ketiga jenis tanah liat di atas memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing. Sehingga pastika untuk memilih clay mask berbahan dasar tanah liat yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu ya!