bullying

Picture by: https://image-cdn.medkomtek.com/

Mengalami bullying bisa terjadi oleh siapa saja, tidak terkecuali kamu yang sudah berada di wilayah perkantoran. Tentu saja bullying di setiap tempat dan jenjang umur memiliki perbedaan. Jika saja kamu berada di usia remaja, kemungkinan bullying yang dilakukan adalah verbal. Beda halnya jika sudah di wilayah perkantoran, bullying yang terjadi di sini lebih terselubung.

Jika hal-hal ini sudah sangat mengganggumu jangan tergesa-gesa untuk melakukan sesuatu bahkan sampai mengundurkan diri. Cermati dahulu tipe bullying yang kamu terima, untuk lebih detailnya yuk ketahui tanda-tanda dan cara mengatasi bullying di tempat kerja.

Sering Dibicarakan oleh Teman dan Menimbulkan Gossip yang Tidak Benar

Di dunia kerja banyak sekali persaingan yang membuat iri satu sama lain. Untuk itu sudah sangat biasa mendapatkan gossip yang tisak sesuai dengan kenyataannya. Hal ini juga bisa saja terjadi kepadamu. Ketika mendapatkan bullying seperti ini, jangan terburu-buru stress dan membuat kinerja kamu menurun.

Untuk mengatasinnya, cobalah mencari tahu sumber dari penyebar gossip yang tidak benar. Tanyakan mengapa dia melakukan hal tersebut, minta bukti apa yang dia punya sampai menyebarkan gossip tidak benar seperti ini. Setelah itu, mintalah dia untuk mengklarifikasi bahwa semua gossip yang disebarkan hanyalah hoax.

Diabaikan di Segala Kegiatan 

Seringkali teman kantor mengadakan acara entah untuk merayakan ulang tahun, atau merayakan lolosnya sebuah tender. Tapi, kamu merasa dicuekin dan seringkali tidak diberitahu bahwa ada acara semacam itu. Ini salah satu tanda bullying yang pastinya membuat kamu tidak nyaman. 

Cara mengatasi jenis bullying semacam ini adalah mencoba untuk mulai instoperksi diri hal apa yang sebenarnya telah kamu lakukan sehingga membuat orang-orang menjauhimu. Jika belum juga menyadari sesuatu, cobalah untuk bertanya ke beberapa teman kantor dan meminta saran apa yang seharusnya kamu lakukan untuk memberhentikan situasi ini.

bullying 2

Picture by: https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/

Diberi Pekerjaan di Luar Job Desk Tanpa Ada Penjelasan

Mendapatkan tambahan pekerjaan biasanya terjadi kepada kamu yang menjadi pendatang baru. Para senior sering memberikan beban berlebih dan menjelaskan bahwa ini salah satu kebiasaan yang harus dilakukan si anak baru.

Ketika kamu diberikan pekerjaan yang diluar kewajaran ini, sebaiknya kamu melaporkn kepada pihak yang berwenang di kantor. Misal kamu bisa mengkonsultasikannya kepada supervisor, manager atau staff HRD yang memiliki wewenang atas ini semua. Jangan lupa mengumpulkan bukti terebih dahulu bahwa memang job yang diberikan kepadamu memang jauh dari pekerjaan yang seharusnya. 

Memang dunia kerja sangat membahayakan, jika kamu terus saja tertindas tanpa melakukan pembelaan maka hal tersebut akan mengancam kesehatan mental kamu. Kamu harus cepat-cepat mengenali tanda-tanda bullying yang kamu alami, dan mencari cara yang tepat untuk menghadapinya. “If there is no struggle, there is no process.”