sabar dalam bekerja

Picture by: https://blue.kumparan.com

Susah memang ya, kalau punya bos yang toxic! Segala sesuatu yang dilakukannya bukannya menambah semangat kerja, justru malah menimbulkan stres. Tapi bukan berarti kamu harus melawan dengan cara yang frontal, ya. Ada kok, cara menghadapi atasan toxic yang menghindarkanmu dari stres plus akan melindungi karir berhargamu.

Stop Baper!

Memang cukup susah untuk berusaha tetap tenang dan tidak emosi ketika mendapatkan komentar atau perilaku tidak mengenakkan di kantor, terlebih yang melakukannya adalah big boss. Mau melawan tidak bisa, tidak dilawan, emosi. Jadi serba salah. Tapi kamu bisa juga kok memilih untuk tidak menuruti alur permainan perasaan dari bosmu itu. Jangan tersinggung dan tetaplah tenang sembari melanjutkan pekerjaanmu.

Kendalikan Emosi dan Kontrol Reaksi

Mungkin semua orang di dunia tidak ingin dimarahi, direndahkan atau bahkan dianggap tidak becus dalam bekerja. Begitu juga kamu, bukan? Tapi saat berada di lingkungan kerja dan yang kamu hadapi adalah orang yang memiliki power juga kedudukan lebih tinggi, maka bersikaplah profesional. Saat kamu dimarahi di hadapan rekan-rekanmu atau di dalam kantornya, kendalikan emosimu dan kontrol reaksimu pada waktu itu. Tetaplah tenang dan kendalikan intonasi suaramu. 

Tetap Berkarya

Picture by: https://uprint.id

Ingat! Semua Pasti Ada Penyebabnya

Kamu juga harus mengingat bahwa tidak ada asap tanpa api atau tidak mungkin bosmu memarahimu tanpa dasar yang jelas. Coba pikir ulang, apakah memang benar penyebab bosmu itu marah adalah karena kamu teledor atau kurang teliti? Jika iya, maka jangan menunggu lama. Minta maaf dan revisi semua pekerjaan yang dianggap salah itu.

Berkomunikasilah

Ada kalanya kamu merasa semua pekerjaan yang ditugaskan sudah kamu selesaikan dengan cepat dan cermat, tapi ternyata bos tidak menyukainya dengan meluapkan amarahnya kepadamu. Memang kamu berhak untuk emosi, tapi ketika berada di lingkup ruang kerja, kamu dapat memilih untuk mencoba menetralisir diri terlebih dulu dan cobalah untuk meminta kejelasan serta berkomunikasi secara jelas. Tanyakan di bagian mana letak kesalahan yang tidak sesuai dengan instruksi atau lain sebagainya. Intinya, tahan emosi dan beranilah untuk berkomunikasi.

Belajar dan Beradaptasilah

Memang tidak semua perusahaan memiliki toxic boss, tapi ketika kamu mempunyai pimpinan semacam ini, maka salah satu cara untuk meladeninya adalah belajar menerima gaya komunikasinya, cara dia bekerja sampai dengan mulailah beradaptasi dengan segala hal yang dia terapkan dalam lingkungan kerja.

Kamu tidak dapat mengontrol apa yang orang lain akan lakukan atau katakan, tapi kamu bisa memilih siapa saja yang dapat kamu dekati untuk berinteraksi. Ketika di lingkungan kerja dengan bos yang tidak enak semacam itu, kamu harus tetap bersikap profesional, tapi jaga jarak. Berkomunikasilah jika memang sangat perlu untuk melakukannya, selebihnya tetap jaga jarakmu.