wfh 3

Picture by: https://media.suara.com/

Work from home atau WFH merupakan model cara kerja yang diberlakukan oleh perusahaan kepada karyawannya untuk situasi darurat tertentu. Contohnya ketika sedang terjadi wabah atau saat ada bencana alam dan lain sebagainya. Banyak orang yang suka dengan model kerja seperti ini karena mereka tidak lagi perlu keluar rumah untuk pergi ke kantor atau berpakaian formal untuk mengerjakan tugas dari perusahaannya.

Hanya saja, sisi minus yang sering dialami oleh pekerja ketika melakukan kerja dari rumah adalah rasa malas dan menjadi tidak lagi produktif. Untuk itu, beberapa kiat di bawah ini dapat kamu coba ketika harus work from home dan tetap menjaga produktivitasmu dalam bekerja.

Kebiasaan Buruk 1: Makan di Meja Tempat untuk Bekerja

Ketika sedang bekerja di rumah, terkadang pekerjaan dari kantor dapat dilakukan di mana saja, mulai dari di atas tempat tidur sampai dengan di ruang keluarga. Hanya saja, terkadang juga ada seseorang yang sudah menetapkan satu spot di rumahnya untuk digunakan sebagai tempat kerja secara terus menerus selama WFH. Berbagai aktivitas kerja dilakukannya di tempat tersebut dengan meja sebagai tempat penyangga laptop, komputer atau hanya sekadar digunakan untuk alas menulis.

Nah, dikarenakan berada di rumah, maka segala sesuatu menjadi lebih fleksibel, termasuk ketika ingin makan sesuatu. Ada banyak orang yang makan di meja tempat dia bekerja yang mana justru hal tersebut sangat tidak disarankan. Dengan menjadikan meja tempat kerja untuk juga dipakai sebagai tempat makan atau melakukan aktivitas lainnya, maka otak tidak dapat sepenuhnya berkonsentrasi pada lebih dari satu tugas pada satu waktu. Selain itu, dengan makan di meja kerja, maka akan semakin memperlambat kinerjamu.

Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, maka ketika ingin makan sesuatu atau saat masuk jam makan siang, tinggalkan meja kerjamu selama 10 – 15 menit. Makanlah di tempat lain atau di rumah makan dan setelah usai, cepatlah kembali ke tempat kerja. Dengan begitu, maka fokusmu tidak akan terpecah lagi dan akhirnya menjadi lebih produktif.

WFH 5

Picture by: https://asset-a.grid.id/

Kebiasaan Buruk 2: Duduk di Depan layar untuk Waktu Lama

Tidak hanya ketika bekerja di kantor ataupun WFH, bekerja dengan menatap layar laptop atau komputer dalam waktu lama juga menjadikan kinerja terganggu. Dalam banyak penelitian menjelaskan bahwa dengan duduk menatap layar lebih dari setengah jam tanpa istirahat sejenak, maka akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan, mulai dari gangguan muskulosketal, kardiovaskular sampai dengan obesitas. 

Cara menghentikan kebiasaan ini adalah dengan melakukan 

Menghentikan kebiasaan: Bertujuan untuk melakukan ‘deskercise’ singkat setiap 30 menit dengan memfokuskan pada peregangan leher dan bahu. Nyeri di bagian tubuh ini paling sering dirasakan terutama ketika pekerjaan sedang banyak-banyaknya dan membuatmu tidak puny waktu untuk bergerak. Dengan melakukan peregangan beberapa menit, maka kamu dapat sedikit melonggarkan kekakuan pada otot. Selain itu, kamu juga dapat berjalan-jalan kecil, seperti menuju halaman untuk melihat pemandangan luar sampai dengan beristirahat sejenak di bagian lain dari rumah. 

Kebiasaan Buruk 3: Terlalu Santai

Apapun dapat kamu lakukan ketika harus bekerja dari rumah, termasuk bersantai atau tidur sejenak saat merasa capek mengerjakan tugas dari kantor. Hal tersebut tidak disarankan karena ketika masih masuk jam kerja dan kamu justru bersantai-santai atau bahkan tidur, maka selain pekerjaan akan terbengkalai, kinerjamu pun akan menurun.

Untuk menghentikan kebiasaan ini adalah dengan menetapkan jam istirahat sendiri dengan berpatokan pada jam kantor. Seperti contohnya 1 jam setelah makan siang dan sebagainya. Di jam tersebut, kamu dapat melakukan aktivitas lain atau bahkan tidur sejenak tanpa terganggu atau terbebani pekerjaan yang belum terselesaikan.

Silakan mencoba!