Junior kantor

Picture by: https://assets-a2.kompasiana.com/

Menjadi seorang pegawai di sebuah instansi ternama merupakan hal yang paling banyak dicita-citakan oleh wanita zaman sekarang. Julukan sebagai wanita karir akan membuat kamu merasa bangga. Tapi, ketika kamu baru saja menjadi anggota baru dalam sebuah perusahaan, tentunya kamu membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Adaptasi ini bisa kamu lakukan dengan cara mencari tahu budaya dan kebiasaan dari kantor tersebut, sehingga hal ini akan mempermudah kamu untuk berbaur. Tapi apakah kamu tahu, bahwa nggak semua yang menurut kamu baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Untuk menghindari penilaian negatif dari senior di lingkungan kerja coba hindari beberapa hal berikut.

Mencoba Terus Memaksakan Kehendak Atas Ide yang Kamu Miliki

Inovasi sebagai karwayan baru merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Tapi jika memang ide kamu belum mendapat respon positif oleh atasan dan beberapa senior, cobalah untuk menerima dengan besar hati.

Karena terkadang pengalaman menjadi salah satu pertimbangan oleh atasan untuk menerima sebuah ide. Oleh karena itu, cobalah mengulik ide apa yang benar-benar dibutuhkan untuk projek tersebut. Ide yang inovatif boleh, tapi pastikan juga ide kamu bisa mendukung kesuksesan tim bersama. 

Terlalu Percaya Diri 

Pembawaan seseorang yang memiliki kepercayaan diri memang terlihat asik dan menyenangkan. Tapi jika kamu memiliki kepercayaan diri yang cenderung menjadikan kamu narsis akan dicap menyebalkan oleh para senior. 

Sebagai karyawan baru sebaiknya kamu pintar-pintar untuk membaca situasi, kapan untuk menonjolkan diri dalam tim atau kapan untuk menyerap dan menerima saran yang diberikan oleh senior. Jangan merasa kamu telah bisa melakukan segalanya tanya perlu menerima masukan-masukan dari mereka. 

Junior kantor 2

Picture by: https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/

Sungkan dan Malu untuk Menanyakan Sesuatu 

Pastinya dalam setiap instansi terdapat aturan yang berbeda-beda. Sehingga ketika kamu menjadi salah satu anggota baru di dalamnya, cobalah untuk memberanikan diri bertanya mengenai aturan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 

Jangan sampai kamu melakukan kesalahan hanya karena sungkan untuk bertanya kepada senior, hal ini akan membuat kamu dinilai sebagai si ceroboh.

Mencoba untuk berbaur dengan karyawan lain merupakan hal yang harus kamu lalui. Buat dirimu menjadi junior yang haus akan ilmu. Branding diri dengan sesuatu yang menarik tapi tidak memberikan kesan yang cenderung menyebalkan. Semua usaha yang kamu lakukan pasti akan mendapatkan hasil sesuai harapan. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah dengan situasi ini ya!