Panggilan interview

Picture by : https://g.foolcdn.com

Untuk kamu job seeker tentunya akan merasa senang ketika mendapatkan panggilan kerja. Kamu pasti sudah berharap mendapatkan pekerjaan yang telah lama kamu impi-impikan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memberikan kesan pertama yang baik.

Kesan yang baik akan berbanding lurus dengan etika ketika kamu dipanggil interview. Tapi apakah kamu tahu bagaimana etika yang baik ketika mendapatkan panggilan interview? Untuk itu yuk simak ulasan berikut Ini.

Membalas dengan Sopan Panggilan Interview

Panggilan interview tentunya memiliki bentuk yang bermacam-macam sesuai dengan keputusan perusahaan tempat kamu mengajukan lamaran pekerjaan. Tak banyak panggilan interview yang dilakukan via email, whatsapp, telepon maupun surat. 

Oleh karena itu, jika mendapatkan panggilan interview sebaiknya kamu membalasnya dengan tutur kata yang sopan dan di akhiri dengan ucapan terimakasih. Hal ini juga berlaku jika kamu sedang ada halangan di hari yang sama bertepatan dengan interview dilaksanakan. Kamu sebaiknya segera menanyakan apakah ada kesempatan lain untuk kamu yang ingin mendapatkan penjadwalan ulang.

Melakukan Konfirmasi Kedatangan 

Ada baiknya kamu segera mengkonfirmasi kedatangan kepada pihak HRD apakah kamu bisa hadir dalam interview atau tidak. Sehingga dengan kamu melakukan konfirmasi akan memberikan nilai positif mengenai antusiasmemu mengenai panggilan ini. Pastikan kamu memberikan jawaban yang sesuai dengan kenyataan.

Persiksalah terlebih dahulu apakah kamu memiliki jadwal lain di hari itu atau tidak sebelum melakukan konfirmasi kedatangan pada pihak HRD. Karena jika kamu melakukan perubahan jadwal yang mendadak maka kamu dianggap tidak memiliki keseriusan terhadap interview pada perusahaan tersebut. 

Tata cara interview

Picture by : https://g.foolcdn.com

Menepati Janji Setelah Melakukan Konfirmasi Kedatangan 

Etika terakhir yang perlu kamu lakukan dalam tahap ini adalah menepati janji bahwa konfirmasi yang telah kamu lakukan benar adanya. Jangan sampai ketika kamu telah mengkonfirmasi untuk datang tepat waktu, tapi malah melakukan hal sebaliknya.

Begitu juga ketika kamu telah mengkonfirmasi tidak dapat menghadiri interview, tapi malah datang secara tiba-tiba. Tentunya hal ini akan mencoreng citra profesionalmu di hadapan para HRD. Sehingga, bisa saja kamu masuk dalam rekam hitam HRD di perusahaan tersebut. 

Jangan sampai hal-hal sekecil apa pun akan membuat kamu mendapat penilaian buruk, jadikan ini sebagai kesempatan emas untuk mendapatkan pekerjaan yang telah lama kamu impikan. Semoga tips di atas bermanfaat ya!