anak baru

Picture by: https://www.finansialku.com/

Selalu sulit mengawali sesuatu yang baru, termasuk pindah tempat kerja. Beradaptasi dengan tugas baru, menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berbeda, dan harus berkenalan lagi dengan rekan kerja tentu bukan tugas yang mudah. Tapi jangan khawatir ya Ladies, berikut ini beberapa hal penting yang bisa kamu jadikan panduan saat baru masuk ke sebuah kantor. 

Pelajari Tempat Kerjamu

Sebelum kamu mulai masuk ke tempat kerja baru, ada baiknya untuk mengetahui dan mempelajari area yang bakal kamu masuki setiap harinya itu. Tidak perlu sampai detail, cukup garis besarnya saja agar kamu tidak datang sebagai orang yang ‘polos’ di tempat kerja barumu itu.

Miliki dan Pancarkan Attitude Positifmu

Pernah dengar istilah, “Kesan pertama adalah yang menentukan langkah berikutnya”? Nah, hal tersebut memiliki artian bahwa satu hal baru akan dinilai dari kesan pertamanya. Begitu pula ketika kamu berada di kantor baru dan harus berhadapan dengan lingkungan, suasana, rekan kerja dan segala hal yang baru pula. Kamu harus memiliki attitude positif agar dapat membuat impresi pertama sempurna.

berfikir positif

Picture by: https://www.honestdocs.id/

Mulailah Berkenalan

Ketika menjadi orang baru, jangan menunggu orang yang datang kepadamu untuk berkenalan. Ulurkan tanganmu dan mulailah menjalin komunikasi dengan rekan kantor. Memang, sih, akan selalu ada yang bakal nyinyir karena menganggapmu sok kenal atau sejenisnya. Biarkanlah hal itu karena di setiap tempat kerja, pasti akan ada orang-orang semacam itu.

Kenali dan Hafalkan Nama

Memang akan sulit bagi seseorang baru untuk dapat menghafal nama teman kerjanya di hari pertama. Tapi bukan berarti hal itu tidak bisa. Kamu bisa fokus untuk menghafal nama teman kerjamu dimulai dari yang meja kerjanya berdekatan dengan meja kerjamu dan perlahan luaskan scopenya.

Berpakaianlah Secara Profesional

Jangan anggap remeh masalah berpakaian karena hal tersebut juga dapat memberikan impresi baik atau buruk kepadamu. Berpakaianlah selayaknya dan secara profesional. Kalau memang di kantormu tidak menetapkan seragam khusus atau lebih casual, jangan lantas samakan pakaianmu seperti yang kamu pakai di rumah.

Hal yang sangat tidak dianjurkan ketika menjadi seorang baru di kantor adalah datang, duduk, bekerja dan diam. Hal ini akan memberikan kesan yang sangat buruk. Jangan segan untuk bertanya, meminta bantuan atau berkomunikasi dengan rekan kerja. Jadi sekalipun kamu  sangat pemalu, cobalah untuk lebih berbaur dengan rekan kerjamu. Semangat, Ladies!