interview 3

Picture by: https://asset.kompas.com/

Bagi kamu seorang jobseeker atau masih mencari kerja, tahap wawancara kebanyakan menjadi momok menakutkan yang harus dihadapi. Wawancara atau interview ini biasa dilakukan pada tahapan kedua setelah adanya tes tulis atau psikotes. Biasanya interview ini dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama adalah interview HRD yang jika kamu lolos pada tahap ini, akan dilanjutkan dengan intervier dengan pihak yang lebih atas lagi.

Salah satu hal yang membuat kamu tidak lolos pada tahap interview ini adalah kurang adanya persiapan secara matang. Karena kurangnya persiapan ini menimbulkan sugesti ketidak yakinan terhadap dirimu sendiri, yang mengakibatkan gugup dan terkadang melontarkan jawaban yang kurang terarah. Untuk menghilangkan rasa gugup, ada baiknya untuk mengetahui tips berikut.

Pelajari Mengenai Hal-hal yang Biasa Ditanyakan 

Setelah mengetahui bahwa kamu mendapat panggilan untuk interview sebaiknya kamu mencari tahu seluk beluk instansi tersebut. Pertanyaan apa yang biasanya menjadi pertanyaan unggulan di setiap wawancara. Dengan mempelahari hal tersebut akan membuat kepercayaan diri semakin bertambah. 

Melakukan Survey Lokasi

Tidak banyak wawancara ini dilakukan di luar kota atau di tempat yang jarang kamu datangi. Sehingga ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu di mana lokasi berada. Hal ini memperkecil peluang terlambat, karena kamu sudah bisa memperkirakan berapa lama jarak tempuh yang kamu butuhkan. 

Datang 15 Menit Lebih Awal 

Lebih baik untuk datang lebih awal dengan waktu yang telah ditentukan. Mempersiapkan diri akan mensugesti ketenangan pada diri. Melihat kondisi di lokasi pekerjaan akan membantu untuk mempelajari lebih lanjut mengenai situasi dan kondisi sekitar tempat kerja. 

interview 4

Picture by: https://ecs7.tokopedia.net/

Mengenakan Pakaian yang Formal 

Pada saat wawancara, biasanya pihak instansi juga akan menilai cara berpakaian. Kerapihan dalam seni berpakaian akan menunjukkan kepribadian kamu. Ada baiknya untuk selalu menggunakan kemeja yang rapi dan sopan. Untuk amannya kamu bisa menggunakan kemeja polos berwarna kalem, dengan rok atau celana berwarna senada atau hitam. 

Usahakan jangan berdandan dengan make up yang tebal. Berdandanlah sewajarnya, tunjukkan bahwa kamu wanita yang niat untuk bekerja. 

To the Point dan Jangan Bertele-tele

Usahakan menjawab pertanyaan dengan to the point dan jujur. Melakukan hal tersebut akan memberikan kesan bahwa kamu merupakan wanita yang tegas. Tatap mata sang pewawancara, tunjukkan bahwa kamu membawa kepercayaan diri yang cukup di sesi ini. Tapi ingat, jangan memberi tatapan menantang ya, hal ini bisa saja menyinggung hati pewawancara.

Mencari pekerjaan memanglah bukan sesuatu yang mudah, tapi pastikan untuk selalu yakin pada dirimu sendiri bahwa kamu akan bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Isi waktu luang selama menganggur dengan hal-hal yang memperkaya ilmu.