Tips Mengetahui Lowongan pekerjaan Fiktif

Picture by : https://lh3.googleusercontent.com

Banyak job seeker yang terkadang dibutakan oleh tawaran pekerjaan bergaji fantastis. Apa lagi jika tawaran pekerjaan ini datang dari perusahaan yang telah lama diimpi-impikan. Tapi sebelum menjalaninya lebih jauh, sebaiknya kamu menyelidiki terlebih dahulu.

Pasalnya sekarang ini banyak sekali oknum yang berbuat jahat dengan cara memanfaatkan dan menjebak si calon pelamar. Sebagian dari oknum ini akan meminta kamu untuk mentransfer sejumlah uang untuk berbagai alasan yang tidak pasti. Seperti biaya pendaftaran, biaya akomodasi dan biaya administrasi lainnya. 

Lalu bagaimana sih tips mengetahui lowongan pekerjaan fiktif ini, yuk simak ulasan berikut.

Memperhatikan Sumber Email Perusahaan

Dalam sebuah lowongan pekerjaan pastinya terdapat sumber informasi yang dicantumkan. Pastikan kamu melihat dan mengamati terlebih dahulu informasi yang tertera didalamnya. Sebagai contoh, kamu diharuskan untuk memastikan alamat email perusahaan yang menyediakan lowongan. Hindari email yang menggunakan web based seperti Gmail dan Yahoo. 

Melakukan Pengecekan Terhadap SMS atau Telepon Panggilan Interview

Tak banyak perusahaan yang menggunakan kedua fitur basic seperti sms dan telepon. Pastikan untuk melakukan konfirmasi ulang kepada pihak perusahaan. Apakah benar jika perusahaan telah mengirimkan informasi tersebut. Jangan sampai kamu terjebak dan menjalani aturan lebih lanjut sebelum melakukan konfirmasi terlebih dahulu.

Memastikan Informasi Perusahaan 

Sebelum memasukkan lamaran pekerjaan ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu alamat dan nomor telepon yang tertera pada sumber lowongan tersebut. Pastikan untuk mengetahui informasi dengan benar, jika memang terdapat salah satu informasi yang berberda maka lowongan tersebut perlu dicurigai.

Selain itu jika terdapat fitur Google Maps pada situs lowongan tersebut, sebaiknya untuk menjelajahinya secara online terlebih dahulu.

Hindari Permintaan Uang atau Informasi Pribadi yang Tidak Sesuai dengan Kualifikasi Pekerjaan

Bila terdapat lowongan pekerjaan yang meminta kamu untuk melakukan transfer uang dengan alasan akomodasi atau biaya administrasi lainnya sebelum melakukan interview, pastikan kamu untuk mencurigai hal ini. Pasalnya, biasanya tidak ada perusahaan yang menginginkan uang dari kamu sebagai pelamar.

Selain itu, memberikan informasi terlalu pribadi seperti info perbankan, password email, social media dan lain sebagainnya harus dihindari. Jangan sampai gegabah memberikan informasi tersebut karena perusahaan yang kompatibel tidak akan meminta hal tersebut sebagai salah satu syaratnya.

Tips Mengetahui Lowongan Kerja Fiktif

Picture by : https://hireology.com

Pastikan Mencari Lowongan di Situs Terpercaya 

Akhir-akhir ini banyak sekali situs lowongan pekerjaan yang menyediakan berbagai informasi mengenai hal ini. Oleh sebab itu, pastikan informasi yang diberikan dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan. Hindari situs lowongan yang memberikan informasi kurang jelas.

Jangan membiarkan diri gegabah dan melakukan apply pekerjaan yang tidak memiliki informasi yang tidak jelas. Aplikasikan kelima tips di atas untuk menghindarkanmu dari lowongan kerja fiktif sehingga terjauhkan dari penipuan.