Fresh graduate

Picture by: https://akcdn.detik.net.id/

Mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan yang ditekuni merupakan sesuatu yang diimpikan. Banyak di antara kamu yang merupakan fresh graduate kebingungan melamar ke sana ke mari untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Akan ada saatnya kamu berada pada titik jenuh ketika terus menerus melamar dan belum juga mendapat panggilan interview. Persaingan yang ketat bisa saja menimbulkan kestresan tersendiri bagi kamu. Namun, jangan putus semangat sampai sini, cobalah beberapa cara berikut agar cepat mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. 

Mengecek Ulang CV yang Akan Kamu Apply

Curriculum Vitae atau yang biasa disingkat dengan CV merupakan hal yang wajib dicantumkan ketika melamar pekerjaan. Dengan CV yang kamu berikan maka instansi tempat kamu melamar akan mengetahui data-data pribadi kamu secara umum. 

Pastikan kamu untuk selalu mengecek kembali apakah CV yang telah kamu lampirkan merupakan data-data yang sudah lengkap dan benar. Hal yang penting kamu cantumkan dalam CV kamu adalah data pribadi seperti nama lengkap, tempat/tanggal lahir, alamat, nomor telepon, email, lalu deskripsi diri, pelatihan apa saja yang telah kamu dapat selama ini, jika kamu memiliki pengalaman kerja sesuai bidang sewaktu kuliah bisa kamu cantumkan juga, keahlian yang kamu miliki, prestasi, dan organisasi yang pernah kamu ikuti. 

Semakin lengkap data yang kamu berikan, maka semakin besar juga peluang yang akan kamu dapatkan.

Selalu Aktif Datang ke Acara Job Fair

 Job Fair merupakan wadah yang tepat bagi para pencari pekerjaan. Dengan aktif mendatangi events ini maka akan semakin banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan yang kamu dapatkan. Bahkan banyak sekali walk in interview yang di gelar di events tersebut. 

Biasanya setiap kampus akan memiliki job fair events yang dikhususkan untuk para alumni yang belum mendapatkan pekerjaan. Akan lebih baik ketika kamu menghadiri job fair events, dengan membawa beberapa CV dan surat lamaran kerja. 

Fresh graduate 2

Picture by: https://campuspedia.id/

Memperluas Pertemanan/ Koneksi

Memiliki banyak teman atau kenalan akan sangat bermanfaat di masa seperti ini. Mereka akan dengan senang hati memberitahukan lowongan atau bahkan menawarkan kamu sebuah pekerjaan. Teman atau koneksi ini bisa kamu dapatkan sewaktu masih bersekolah, mengikuti organisasi baik di kampus maupun luar kampus, ketika melakukan praktek kerja lapangan dll. 

Jadi untuk mendapatkan teman atau koneksi yang banyak, selalu bersikap sopan dan ramah kepada semua orang. Kamu tidak akan pernah tahu siapa orang yang akan berjasa di kehidupan kamu nantinya.

Melamar pekerjaan memang bukan sesuatu yang mudah, tapi selalu tanamkan sikap tidak gampang menyerah dalam hidup apa pun kondisinya. Jadikan Tuhan sebagai tempat kamu memohon dan berserah. 

Jangan biarkan sikap pesimismu menjadi momok di masa yang akan datang. Gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk selalu memperkaya ilmu sebelum kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.