karir mentok

Picture by: https://work-scene.com/

Saat sudah berada di sebuah kantor dalam waktu lama dan berdedikasi penuh terhadap pekerjaan namun tak kunjung ada perubahan, kadang hati ini memang ingin menyerah, ya. Tentu saja kamu juga ingin menikmati yang namanya naik gaji atau naik jabatan. Tapi bukan berarti hal itu bisa jadi alasan untuk buru-buru resign. Ingat, salah langkah bisa menyebabkan karirmu buyar begitu saja. Saat merasa karir stagnan, coba lakukan dulu beberapa hal ini sebagai solusinya:

Introspeksi Diri

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah introspeksi diri. Ya, jangan-jangan selama ini hanya kamu yang merasa sudah bekerja keras. Bagaimana dengan atasan dan rekan kerjamu? Apa mereka sependapat atau jangan-jangan mereka malah merasa kamu banyak kekurangan? Mintalah masukan dari atasan dan rekan kerja yang kamu percaya. Terima setiap kritikan dengan lapang dada, ingat bahwa tujuan mereka adalah untuk membuatmu jadi lebih baik.

Keluar dari Zona Nyaman

Lingkungan kerja sekarang ini berbeda dengan 10 atau 20 tahun lalu. Jika dulu masa kerja sangat menentukan kenaikan jabatan, saat ini prestasi dan inovasi-lah yang berpengaruh. Jangan kaget kalau anak baru bisa naik jabatan lebih cepat, bisa saja mereka lebih kreatif dan berani mengambil resiko. Maka dari itu, berusahalah untuk keluar dari zona nyaman. Coba tantang dirimu sendiri untuk menyelesaikan berbagai tugas yang lebih sulit. Dengan demikian, atasan juga akan melihatmu sebagai pribadi yang siap maju dan berkembang.

Sadari Bahwa Tempat Lain Belum Tentu Lebih Baik

Ya, rumput tetangga memang selalu tampak lebih hijau. Ketika karir sendiri sedang stagnan, kamu pasti membandingkan dengan karir sahabat atau keluarga. “Wah, sepertinya enak ya, resign dan punya bisnis sendiri seperti si A” atau “Kayaknya kantor itu lebih perhatian deh, ke karyawannya dibanding kantorku sendiri!” hal-hal semacam ini pasti sering muncul di benakmu. Tapi ingat, apa yang terlihat di luar belum tentu sama seperti kenyataannya. Kamu harus menyadari bahwa bisa jadi setelah resign dari kantor yang sekarang, kamu justru akan mendapat tempat kerja yang lebih buruk.

Ingat juga apa yang membuatmu bahagian di pekerjaan sekarang ini. Apa kamu yakin untuk melepaskan semuanya hanya karena masalah sepele? Percayalah kalau semua hal pasti ada jalan keluarnya. Semangat, Ladies!