work from home 01 1024x512 1

Picture by: https://uprint.id/

Di era pandemi, banyak kantor yang memberlakukan sistem WFH atau work from home. Cara ini dirasa cukup efektif selain untuk menyelamatkan para karyawan, juga dapat memutus jaringan penyebaran virus. 

Sayangnya, tidak sedikit orang yang bekerja dari rumah justru menurun semangat dan kinerjanya. Hal tersebut disebabkan banyak hal. Oleh karena itu, bagi kamu yang juga bekerja di rumah, dapat menerapkan beberapa hal ini agar tetap termotivasi dan semangat dalam bekerja.

Fokus dan Tetaplah Bekerja Walaupun Godaan Ada

Memang bukan satu hal yang mudah untuk bekerja di rumah. Karena ada lebih banyak godaan yang membuat kinerjamu menjadi menurun, seperti melakukan pekerjaan rumah, ngobrol dengan orang lain, menonton acara televisi dan banyak hal lain. Tentunya godaan-godaan tersebut tidak akan kamu alami di kantor, bukan? Oleh karena itu, kenapa ketika bekerja di rumah menjadi lebih susah untuk fokus dibanding di tempat kerja semestinya.

Tapi bukan berarti kamu tidak bisa, dong. Kamu tetap dapat bekerja di rumah dengan menjaga profesionalitas dan etos kerja seperti halnya sedang bekerja di kantor, kok. Caranya adalah dengan fokus untuk bekerja dan abaikan semua hal yang sekiranya dapat menggangu konsentrasi bekerja. Toh, setelah kamu selesai menyelesaikan tugasmu di hari itu, hal-hal yang ingin kamu lakukan sebelumnya dapat kamu nikmati juga.

WFH5

Picture by: https://cdns.klimg.com/

Coba Tetap Berbusana Formal Walaupun di Rumah

Ya, memang akan sedikit terasa aneh ketika tidak sedang kemana-mana atau pergi ke kantor, tapi kamu harus berdandan dan mengenakan pakaian formal layaknya sedang akan bekerja sebagaimana mestinya. Tapi hal itu justru disarankan, lho. Alasannya adalah dengan memakai pakaian bebas apalagi yang sedari malam kamu pakai untuk tidur, maka aura kemalasan akan tetap menempel dan membuatmu juga menjadi menurun kinerjanya. 

Dengan memakai busana formal, maka secara psikologis ada reminder bahwa kamu sedang bekerja walaupun berada di rumah. Apabila kamu masih merasa terganggu dengan suasana di rumah, kamu dapat mencari tempat yang relatif sepi dari lalu lalang orang rumah. 

Prioritaskan Pekerjaan 

Apabila disuruh memilih memprioritaskan anak atau pekerjaan, ketika kamu harus terpaksa work from home, maka tetaplah bersikap profesional. Dengan kata lain, prioritaskan pekerjaan. Ya, memang kamu dapat sesekali mengurusi anak, ketika si buah hati menangis atau lainnya. Tapi tetap prioritaskan pekerjaan dari kantor sebelum melakukan pekerjaan di rumah, termasuk menjaga anak.

Kamu juga dapat memberikan pengertian kepada si buah hati kalau sedang bekerja dan baru akan bermain dengannya nanti setelah pekerjaan selesai. Bila anak masih belum dapat diajak berkomunikasi, maka minta tolonglah kepada suami atau orang tua untuk menjagakannya sejenak.

Jadi, itulah beberapa tips mudah yang dapat kamu praktikkan sendiri di rumah ketika kantormu memberlakukan sistem WFH. Selamat mencoba.