Memperkenalkan Diri saat Interview

Picture by : https://www.naukri.com

Untuk si pemula dalam dunia job seeker pasti sangat bingung bagaimana caranya memperkenalkan diri saat interview. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi fresh graduate saja lho, bahkan terkadang orang yang sudah sering melakukannya masih gugup dan linglung waktu diminta untuk memperkenalkan diri. 

Hal terburuk yang sering dilakukan saat diminta mengenalkan diri adalah menyebutkan hal basic yang sudah tertulis pada CV yang sudah kamu lampirkan. Apa lagi jika menyebutkan hobi atau hal-hal nggak penting lainnya yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang sedang kamu lamar. 

Apa sih sebenarnya yang membuat kamu gugup saat diminta memperkenalkan diri? Padahal seharusnya kamu lah satu-satunya orang yang mengetahui seluk beluk kehidupan diri sendiri kan. Jawabannya adalah kamu tidak mau menggali lebih dalam mengenai kemampuan, hal-hal yang menjadi passion, motivasi diri dan keunggulan dalam diri kamu yang tentunya sedikit banyak berkaitan dengan posisi yang sedang kamu lamar. 

Lalu untuk mempersingkat waktu, apa saja sih sebenarnya yang harus kamu deskripsikan ketika harus memperkenalkan diri dihadapan recruiter ini? Untuk mengetahui lebih dalam yuk simak penjelasan berikut. 

Perkenalkan Diri Dimulai dengan Menyebutkan Riwayat Pendidikan Terakhir

Standar pertama ketika diminta untuk memperkenalkan diri adalah menyebutkan kamu berasal dari universitas mana dan jurusan apa. Selain itu kamu juga bisa menjelaskan mengapa berminat untuk memilih jurusan tersebut. 

Untuk hasil yang maksimal pastikan kamu juga menghubungkan skills yang kamu dapat atau ilmu yang telah kamu pelajari selama kuliah dengan kualifikasi job desc yang telah kamu lamar. Dengan begitu recruiter akan yakin bahwa kamu memang berminat dan serius dengan posisi ini. 

Memperkenalkan Diri ketika Interview

Picture by : https://saifinsight.co.uk

Tambahkan dengan Pengalaman Berorganisasi atau Pencapaian selama Kuliah

Biasanya perusahaan akan senang jika memiliki pelamar yang penuh dengan segudang bakat dan minat dibidang organisasi. Itulah alasannya kamu wajib menyebutkan pengelaman organisasi apa saja yang telah kamu tempuh selama kuliah. Kamu juga bisa menjelaskan keunggulan apa yang kamu dapat selama masuk dalam organisasi tersebut. 

Selanjutnya jika kamu seorang penggila olimpiade ada baiknya untuk menyebutkan semua pencapaian yang telah didapat. Selain itu kamu juga bisa menyebutkan bagaimana dan di mana kamu pernah magang, dengan begitu setidaknya user akan mengetahui bahwa kamu memiliki gambaran dan pengalaman di dunia kerja dengan bidang yang hampir sama. 

Setelah menyebutkan dua hal di atas, kamu juga perlu menambahkan motivasi apa yang kamu miliki saat melamar kerja di perusahaan tersebut. Selain itu menyebutkan kelebihan perusahaan dan alasan kamu