perjalanan bisnis

Picture by: https://cdns.klimg.com/

Baik kamu sudah menjabat sebagai bos atau di posisi yang tinggi ataupun masih ada di level bawah, melakukan perjalanan bisnis terkadang justru membuat stres. Tidak semua orang dapat menikmati perjalanan jauh, terlebih tujuannya untuk masalah pekerjaan. Tidur hanya beberapa jam saja di pesawat atau kendaraan, masuk hotel, bongkar koper, lakukan aktivitas bisnis, packing dan kembali pulang. Hal tersebut jika dilakukan secara rutin, akan membuat stres karena melelahkan dan menjemukan.

Tapi kamu tidak boleh mengeluh karena semua itu kamu lakukan untuk menunjang karirmu atau bisnismu sendiri. Dan berikut ini ada beberapa tips melakukan perjalanan jauh untuk urusan bisnis tanpa harus terbebani apalagi merasa stres.

Prepare dan Buat Daftar 

Sebelum melakukan perjalanan, maka prepare atau bersiaplah. Persiapkan segala sesuatunya agar tidak membuat kamu merasa uring-uringan karena ada yang terlupa ketika sudah berada di tempat lain. Selain itu, buatlah daftar periksa barang-barang yang diperlukan selama perjalanan, termasuk materi bisnis seperti file, komputer dan perlengkapan presentasi. 

Selain yang dapat dibawa sendiri, kamu juga harus mencari tahu apakah nantinya hotel atau area konferensi yang bakal kamu datangi, memiliki akses Wi-Fi atau tidak. Jika tidak, bawa Wi-Fi portabel atau hotspot seluler. Jangan lupa pengisi daya ponsel atau baterai ekstra. 

Kemas Cerdas

Singkirkan salah satu pemicu stres terbesar dengan mengemas secara efisien dan hanya membawa barang bawaan yang diperlukan saja. Dengan mengemas secara efisien, maka kamu tak perlu lagi khawatir tentang kehilangan barang di bagasi atau menunggu lama saat check-in dan lain sebagainya.

Catat dan periksa semuanya berkali-kali untuk meminimalisir kamu terlupa barang selama perjalanan. Mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan mandi, pakaian santai untuk di hotel atau tempat penginapan, sampai dengan pakaian yang akan kamu kenakan ketika menemui klien nantinya. Bawalah semua pakaian tersebut masing-masing 2 helai jika kamu hanya short stay saja. Oh ya, satu lagi yang patut diingat adalah untuk selalu mencari tahu tentang cuaca di daerah tempat yang akan kamu kunjungi. Kamu bisa berjaga-jaga dengan membawa jas hujan atau jaket jika ternyata di daerah tersebut memang sudah sering hujan. 

jalan jalan

Picture by: https://borneobulletin.com.bn/

Laporan Biaya

Mungkin jika kamu adalah pemilik tempat bisnis yang akan melakukan perjalanan menemui kolega, maka hal ini tidak perlu dilakukan. Tapi, apabila kamu melakukan perjalanan bisnis ini untuk perusahaan atau tempat kamu bekerja, maka buat laporan biaya. Memang sih, biasa pihak kantor akan memberikan uang akomodasi terlebih dahulu sebelum kamu berangkat, tapi terkadang ada hal yang tidak masuk dalam skenario perjalanan dan akhirnya membuat budget membengkak. 

Setelah semuanya beres, maka kamu dapat memulai perjalanan dengan tenang. Dan wajib diingat bahwa ketika berada di hotel atau tempat kamu menginap, kamu tetap harus menjaga kebersihan dan kesehatan. Hal itu perlu dilakukan agar kamu kembali ke tempat asal dengan perasaan lega dan tidak stres.