orangtua 5

Picture by: https://soc-phoenix.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/

Dunia kerja memang penuh dengan cerita, ya. Apalagi kalau kamu bekerja dengan orang-orang yang lebih tua, wah pasti banyak banget cobaannya. Tapi jangan khawatir, ada kok beberapa tips akur dengan rekan kerja yang bisa kamu praktekkan. Lakukan hal ini dan dijamin kamu akan merasa lebih nyaman plus lebih dihargai oleh sesama teman kantor.

Selalu menjaga sopan santun

Kamu harus menyadari, orang yang lebih tua seringkali lebih sensitif terhadap beberapa hal misalnya cara berpakaian atau cara berbicara. Kalau kamu sedang berhadapan dengan orang yang lebih tua, gunakan bahasa yang formal dan sopan serta hindari bercanda berlebihan. Begitu pula dengan gaya berpakaian, hindari memakai busana yang terlalu ketat atau menonjolkan lekuk tubuh. Lagipula kamu harus ingat, ini adalah kantor dan bukan ajang untuk memamerkan kecantikan.

Memberi saran dan kritik dengan objektif

Jangan hanya karena kamu merasa ditekan atau diremehkan sebagai anak muda lalu kamu berusaha mencari-cari kesalahan rekan kerja yang berusia lebih tua. Ketika ingin memberi saran atau kritik, pastikan melakukannya dengan objektif. Mungkin pendidikanmu lebih tinggi, tapi bagaimanapun juga pengalaman mereka di bidang tersebut sudah jauh lebih banyak. Jangan sampai kamu melakukan blunder dan justru dipermalukan saat berusaha memberi saran atau kritik yang kurang tepat.

orantua 4

Picture by: https://www.workflexibility.org/

Cobalah lebih simpati

Sebagai anak muda, kamu mungkin merasa energik. Bisa melakukan apapun bahkan sampai tengah malam, bahkan tidak keberatan dengan lembur atau tugas keluar kota. Tapi untuk mereka yang sudah berusia lebih tua, lembur mungkin sesuatu yang sulit dilakukan. Tugas ke luar kota juga belum tentu nyaman karena kondisi fisik yang sudah tak sebugar saat muda. Jadi ketika ada tugas-tugas semacam ini, jangan ragu mengajukan diri. Dan jangan pernah mengejek atau meremehkan rekan kerja yang terkendala dengan kondisi kesehatannya.

Terima nasihat dengan lapang dada

Sudah jadi kebiasaan orang yang lebih tua untuk memberikan nasihat dan wejangan. Jadi selama nasihatnya memang positif, tak perlu merasa marah atau terganggu. Beda halnya kalau nasihat yang diberikan sudah menyinggun, baru deh kamu boleh komplain.

Ingatlah bahwa kamu juga tak selamanya muda, jadi jangan merasa lebih hebat hanya karena masalah usia. Jangan sampai di masa depan kamu juga mengalami hal yang sama.