interview kerja

Picture by: https://cdn-brilio-net.akamaized.net/

Hari gini, cari pekerjaan yang baik dengan gaji besar memang cukup sulit. Itulah mengapa saat ada kesempatan interview datang, jangan sampai kamu sia-siakan. Ada beberapa tips lolos interview kerja yang wajib banget kamu perhatikan, termasuk bagaimana cara terbaik menjawab pertanyaan jebakan!

Datang dengan persiapan

Pewawancara jelas tak akan suka dengan calon karyawan yang datang tanpa persiapan. Hal-hal kecil seperti pakaian yang tidak sesuai, tidak membawa alat tulis, atau blank saat ditanya tentang hal yang berhubungan dengan lowongan kerja, bisa jadi poin negatif yang membuatmu ditolak. Pastikan kamu datang dengan persiapan penuh, lebih baik menyiapkan lebih banyak hal dari yang dibutuhkan meski hal tersebut akan sedikit merepotkan.

Bekali diri dengan informasi perusahaan

Saat kamu melamar kerja di sebuah perusahaan, pastikan untuk memahami dan mengenal dengan baik perusahaan terkait. Cari tahu sejarah dan latar belakang perusahaan, bagaimana alur kerja dan juga hal-hal lain yang mungkin akan ditanyakan pewawancara. 

interview kerja 2

Picture by: https://www.theladders.com/

Hati-hati dengan pertanyaan jebakan

Banyak banget nih, pewawancara yang memberikan pertanyaan jebakan untuk mengetahui karakter asli si calon karyawan. Jangan sampai terjebak ya, coba simak beberapa contoh pertanyaan dan jawaban berikut ini:

  • Kenapa Anda keluar dari perusahaan sebelumnya? Hindari menjawab pertanyaan ini dengan menjelekkan perusahaan sebelumnya. Tapi pilih jawaban yang lebih positif seperti ‘Saya ingin mengembangkan karier’ atau ‘Saya ingin mencoba bidang pekerjaan lain’. Atau kamu juga bisa memilih jawaban yang sedikit personal, seperti ‘Saya kurang cocok dengan aturan dari manajemen’, yang jelas hindari hal yang terkesan menjelekkan mantan tempat kerja Anda.
  • Apa kelemahan Anda? Kebanyakan orang terlalu jujur dalam menjawab pertanyaan ini, misalnya menyebutkan ‘Saya agak pemalas’, atau ‘Saya kurang teliti’. Jujur memang baik, tapi saat interview berikan jawaban yang lebih positif, seperti ‘ Saya tipe orang yang perfeksionis sehingga seringkali membutuhkan waktu lebih lama dalam satu project’.
  • Berapa gaji yang Anda inginkan? Kamu jelas ingin gaji besar, tapi bukan berarti harus terlalu jual mahal saat interview. Sebutkan saja gaji UMR kota setempat, atau kamu bisa meminta lebih tinggi jika memang pengalaman kerjamu sudah banyak. Dan jangan lupa tambahkan ‘Namun saya siap untuk bernegosiasi tentang gaji dan menunjukkan kinerja saya terlebih dahulu di bulan-bulan pertama’.

Praktekkan tips tersebut dan semoga berhasil dengan wawancara kerjamu ya, Ladies!