teh

Picture by: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Kopi dan teh termasuk jenis minuman yang everlasting atau tidak lekang oleh waktu. Banyak orang yang menyukai kedua jenis minuman ini untuk dinikmati saat bekerja ataupun kala bersantai. Di bawah ini ada beberapa negara yang terkenal dengan kopi atau tehnya. Bahkan ada yang sangat iconic dengan jenis minuman tersebut. Berikut daftarnya.

Turki

Sesuai dengan posisinya yang berada di tepi Timur Tengah, Turki memiliki budaya kedai kopi yang sudah lama berdiri dan menjamur hampir di seluruh jalanan. Orang-orang Turki terbiasa mengisi hari-hari santai mereka dengan datang ke kahvehane (kedai kopi) atau juga Çay bahÇesi (kebun teh) untuk secangkir teh untuk sekadar bergosip atau bercengkerama dengan teman. Tradisi minum kopi di Turki ini sejak era Ottoman dan berlanjut sampai sekarang. Kopi Turki yang seperti tar biasanya diminum dalam beberapa tegukan singkat dan, setelah itu, peminum memasukkan residu lumpur ke dalam piring dan membaca pola keberuntungan teman mereka.

India

India merupakan tujuan klasik bagi para ahli teh karena di negara ini kamu dapat menemukan jenis teh yang sangat berkualitas. Dikarenakan hal itulah maka India adalah salah satu negara di Asia yang sangat terkenal dengan tehnya. Di masa Kerajaan Inggris masih bercokol di negara ini, banyak daerah di India yang dijadikan sebagai tempat pembudidayaan teh.

Cina

Selain India, Cina juga dapat dijadikan pilihan yang jelas bagi para pencinta teh mana pun. Kebudayaan minum teh di Cina sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Cina juga menawarkan pengalaman luar biasa bagi mereka yang tertarik dengan minuman tradisional di daerah mereka tersebut. 

Etiopia

Etiopia dapat dikatakan sebagai tempat kelahiran kopi. Menurut sejarah, ditemukannya kopi sebagai minuman adalah bermula dari seorang penggembala Ethiopia yang rendah hati bernama Kaldi yang  pada abad kesembilan memperhatikan bahwa dombanya sangat energik setelah mengunyah apa yang sekarang kita kenal sebagai tanaman kopi, Coffea arabica. Terlepas dari apakah sejarah itu benar atau tidak, klaim Etiopia sebagai sumber dari semua kopi bukanlah mengada-ada. Banyak tanaman kopi arabika berasal dari dataran tinggi barat daya Etiopia dan dari sinilah tanaman kopi menjajah dunia. .

kopi dan teh

Picture by: https://www.bantennews.co.id/

Jepang

Tidak hanya Cina saja yang memiliki budaya meminum teh, di Jelang juga mempunyai budaya tersebut. Bahkan ada lusinan jenis teh yang dapat kamu pilih untuk dinikmati. Oleh karena itu, Jepang dapat dikatakan sebagai surga bagi pencinta teh. Bagi kamu yang mengikuti prosesir budaya minum teh di Jepang, maka kamu akan dapat merasakan dedikasi kafein yang berbeda dengan minuman kopi lain pada umumnya. Teh matcha merupakan salah satu dari sekian jenis teh yang disajikan saat jamuan minum kopi dilangsungkan.

Taiwan

Teh Dong Ding adalah jenis teh khas Taiwan yang mana namanya diambil dari gunung tempat teh tersebut tumbuh. Bagi yang ingin merasakan sensasi meminum teh langsung di tempatnya, maka kamu dapat menyewa tour guide untuk mengatarkan ke lereng-lereng gunung Dong Ding. Selain terkenal dengan tehnya yang beraroma khas, Taiwan sekarang ini juga sudah mulai mencoba menjadikan kopi sebagai salah satu minuman yang wajib diminum oleh masyarakatnya setiap hari. Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan yang signifikan untuk minuman jenis kopi telah membuat Taiwan dipenuhi oleh para roaster dan cafe-cafe bermunculan di Taipei. Bahkan ada Pameran Kopi Internasional yang diadakan setiap tahunnya.