restaurant 1

Picture by: https://cdn-2.tstatic.net/

Mungkin akan sangat menyedihkan jika di dunia ini tidak ada restoran atau setidaknya warung makan, karena tidak semua bisa masak ataupun tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak makanan. Oleh karena itu restoran atau warung makan itu sangat diperlukan oleh manusia. Dan berbicara mengenai tempat makan ini, ternyata ada beberapa restoran atau warung makan yang didirikan sejak ratusan tahun lalu dan masih berdiri serta beroperasi sampai sekarang. Penasaran? Berikut daftarnya.

Piwnica Świdnicka (1273)

Piwnica Swidnicka

Picture by: https://i0.wp.com/

Piwnica Świdnicka adalah salah satu dari banyaknya restoran tertua di Eropa. Restoran ini mulai membuka pintu untuk pelanggannya sejak tahun 1273 dan tetap beroperasi sampai sekarang. Para pengunjung dapat menyantap hidangan khas Wroclaw, Polandia serta menikmati sisi historis dari tempat tersebut.

Brazen Head (1198)

Brazen Head

Picture by: https://i.pinimg.com/

Brazen Head adalah restoran tertua di Dublin, Irlandia yang masih beroperasi sampai sekarang. Restoran yang didirikan sejak tahun 1198 ini terkenal dengan live music-nya dan juga makanan tradisional Irlandia. Hidangan khas pub kalangan bangers Irlandia dipadu dengan ramuan untuk olahan daging menjadi menu utamanya.

Ma Yu Ching’s Bucket Chicken House (1153)

Ma Yu Chings Bucket Chicken House

Ma Yu Ching’s Bucket Chicken House atau Ma Yuxing adalah restoran tertua di Cina yang didirikan pada tahun 1153 atau saat Dinasti Jin berkuasa. Restoran yang berlokasi di Kaifeng, Henan ini dikelola oleh Keluarga Ma dengan menyajikan masakan tradisional Nanjing dan kemudian semakin bertambahnya tahun, mulai menyediakan makanan modern lainnya.

The Old House 1147

The Old House 1147

Picture by: https://business.facebook.com/

The Old House yang didirikan pada tahun 1147 di Maesteg, Wales ini merupakan tempat makan tertua ketiga dunia yang sampai sekarang masih mempertahankan sebagian besar interior dan eksteriornya. Hidangan utamanya adalah Old House Pai yang dibuat secara manual dengan sajian pendukung seperti keripik dan kacang polong tradisional.

Wurstkuchl (1146)

Wurstkuchl 1146

Picture by: https://media-cdn.tripadvisor.com/

Wurstkuchl adalah sebuah tempat makan di Regensburg, Jerman yang berdiri sejak tahun 1146. Dulunya, tempat makan ini melayani para pekerja kasar di daerah Regensburg, seperti para tukang batu sampai dengan pekerja galangan kapal saja. Menu utamanya adalah sosis panggang arang dan asinan kubis.

St. Peter Stiftskulinarium (803)

St. Peter Stiftskulinarium 803

Picture by: https://media-cdn.tripadvisor.com/

St. Peter Stiftskulinarium memegang rekor sebagai restoran tertua di dunia yang masih beroperasi sampai saat ini. Restoran ini didirikan pada tahun 803 yang pernah dikunjungi tokoh-tokoh terkenal dunia mulai dari Christopher Columbus, Johann Georg Faust sampai dengan Wolfgang Amadeus Mozart. Namun sejak tahun 2017, nama restoran yang ada di Salzburg, Austria ini berganti menjadi Stiftskeller St. Peter.