masakan korea

Picture by: https://www.bobobox.co.id

Suka ngiler ya, melihat berbagai macam masakan Korea yang muncul di film? Untungnya, sekarang ini sudah banyak restoran yang menyediakan menu-menu khas Korea. Tapi tak puas rasanya kalau belum mencoba memasak sendiri di rumah, kan? Tenang saja, di tengah banyaknya kuliner khas Korea yang rumit, ada beberapa menu mudah yang bisa kamu kuasai dalam sekali coba. Ini dia!

Kimbap

kimbab

Picture by: https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Kimbap jadi salah satu makanan khas Korea yang paling banyak muncul di film. Sekilas, tampilannya mirip sushi. Tapi bedanya, bahan kimbap semuanya matang sehingga lebih cocok dengan selera orang Indonesia. Untuk memasaknya, kamu cuma membutuhkan lembaran nori atau rumput laut kering, nasi putih pulen, dan beberapa jenis isian. Isian yang umum adalah sayuran seperti bayam, wortel, dan mentimun. Supaya lebih nikmat, tambahkan telur dadar dan juga irisan sosis. Bisa juga diganti ayam atau daging jika kamu suka.

Pajeon

pajeon

Picture by: https://cdn.tasteatlas.com

Pajeon merupakan kuliner khas Negeri Ginseng yang sering disantap sambil minum bir atau soju. Bahan dasarnya adalah tepung berbumbu, sedangkan bahan campurannya sangat bervariasi mulai dari sayuran seperti kucai atau terong, seafood seperti udang atau gurita, sampai dengan irisan daging. Cara masaknya sangat mudah, cukup campurkan bahan dan tepung, lalu goreng seperti halnya membuat telur dadar tipis.

Sundubu Jjigae

Sundubu jjigae

Picture by: https://www.cooktube.in

Pasti kamu sering melihat adegan di mana tokoh utama drama Korea menyeruput sup berkuah merah dari mangkok tanah liat. Dalam kuliner Korea, memang banyak sekali sup dengan kuah merah atau oranye, salah satunya Sundubu Jjigae ini. Rebusan satu ini berbahan dasar tahu dengan kaldu daging yang diberi campuran bubuk cabai. Rasanya gurih pedas, pas disantap dengan nasi panas dan lauk favoritmu.

Gyeran Jjim

Gyeran Jjim

Picture by: https://www.pinterest.com

Ingin menyantap hidangan bergizi tapi mudah dibuat saat sarapan? Coba deh, bikin Gyeran Jjim. Dalam bahasa Indonesia, Gyeran Jjim berarti telur kukus. Cara buatnya sangat mudah, cukup pecahkan telur di atas wadah tahan panas, lalu kocok merata. Tambahkan air kaldu dan bumbu penyedap serta kecap ikan. Kukus selama 15 menit, lalu taburi irisan daun bawang setelah matang. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih dijamin bikin perut tenang di pagi hari.

Semua bahan untuk menu Korea tersebut bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia, kok. Waktu masaknya juga cukup singkat, jadi pas buatmu yang super sibuk. Kalau sudah menguasai 4 menu itu, baru deh eksplor lagi kuliner khas Korea lainnya. Fighting!