sayuran dan buah

Picture by: https://dl.kaskus.id/aws-dist.brta.in

Buah dan sayur pasti selalu hadir di meja makan setiap hari kan, Ladies? Memang penting sekali mencukupi kebutuhan nutrisi keluarga tersayang dengan berbagai menu yang terbuat dari buah dan sayur. Tapi yang perlu diperhatikan, buah dan sayur harus dibersihkan dengan seksama sebelum disajikan. Yuk, coba simak cara mencuci buah dan sayur yang tepat berikut ini!

Cuci tangan terlebih dahulu

Ya, meski kamu merasa tangan dalam kondisi bersih, tapi langkah pertama ini tetap wajib dilakukan. Pertama keluarkan dulu buah dan sayur dari kantong plastik atau kulkas kemudian jajarkan di meja daput. Setelah itu, cuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik agar kuman mati. Jika sudah, baru deh kamu bisa melanjutkan untuk mencuci buah dan sayur.

Cuci buah dan sayur di bawah air mengalir

Untuk mencuci buah dan sayur, gunakan air mengalir. Terutama untuk jenis sawi-sawian yang bagian bawah batangnya tertutup, perlu dicuci dengan air mengalir supaya tanah dan kotoran bisa hilang. Beberapa sayuran mungkin perlu juga direndam, misalnya brokoli dan kembang kol yang sering kali terdapat ulat kecil di sela-sela batang. Setelah dicuci dengan air mengalir, rendam di dalam mangkok yang diberi sedikit garam.

buah dan sayur

Picture by: https://cdn.idntimes.com/

Tak perlu gunakan sabun

Saat ini memang banyak ya, produk sabun khusus untuk buah dan sayur. Tapi sebenarnya buah dan sayur tak perlu kok, dicuci dengan sabun. Hanya menggunakan air mengalir saja sudah cukup asal setiap bagian dan celah kecil juga ikut dibersihkan.

Gunakan alat khusus jika diperlukan

Untuk beberapa jenis sayur dan buah, mungkin kamu membutuhkan alat bantu saat mencucinya. Kentang misalnya, kalau kamu ingin membuat kentang panggang tanpa mengupas kulitnya, maka gosok kulit kentang dengan busa supaya bersih. Tanah yang menempel di permukaan kentang harus digosok dengan seksama supaya bersih saat disantap.

Keringkan sebelum dimasak atau dikonsumsi

Sesudah dicuci, letakkan buah dan sayur di atas wadah berjaring. Biarkan air mengering terlebih dahulu sebelum dimasak. Terlebih lagi untuk buah yang akan langsung dikonsumsi seperti apel atau anggur, pastikan airnya kering terlebih dahulu.

Setelah itu, buah atau sayur bisa disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas jika memang belum akan dikonsumsi atau dimasak. Jangan lupa letakkan dalam wadah tertutup supaya tidak mudah layu, ya!