Sarden 2

Picture by: https://i0.wp.com/

Buat anak kos dengan jadwal segudang yang maunya praktis kalau makan, sarden menjadi salah satu makanan khas yang banyak digandrungi. Makanan kaleng satu ini memang makanan yang paling praktis dan tersedia di mana-mana. Nggak Cuma cara masaknya aja yang praktis, tapi sarden juga memiliki cita rasa yang nikmat dan dapat memenuhi kebutuhan protein hewani kamu.

Selain itu, makanan kaleng ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kamu kaum mahasiswa super sibuk. Tapi kamu sedikit bosan kalau hanya makan sarden dengan bumbu yang udah jadi paket dalam kalengnya. Untuk itu yuk simak olahan sarden yang dijamin nggak akan bikin kamu bosen, tapi tenang kamu tetap bisa memasakanya dengan cara yang simple kok. 

Olahan Sarden Cabai Hijau

Tentunya bagi kamu kaum pecinta pedas, pasti bumbu olahan kaleng dari sarden kurang bisa nendang di lidah. Oleh karena itu cobain yuk olahan sarden cabai hijau, bahan yang kamu butuhkan gampang banget kok. Cukup siapkan 1 kaleng sarden, 2 lembar daun salam, merica, gula, garam secukupnya, jangan lupa untuk menyiapkan kaldu sebagai tambahan penyedap rasa, jika kamu pecinta pete ada baiknya untuk menambahkan pete ke dalam masakan. 

Untuk bumbu irisnya sendiri siapnya bawang merah 4 siung, bawang putih 2 siung, tomat hijau 1 buah, jahe 1 ruas sedang, cabai hijau besar dan kecil sesuai selera. Tumis semua bumbu iris hingga tercium sampai harum, masukkan daun dalam dan sarden, berikan bumbu merica, gula, garam dan kaldu. Jika kamu menggunakan pete, masukkan pete. Icipi rasa apakah sudah sesuai dengan selera kamu. Dan taraa masakan sarden cabai hijau kamu siap untuk di hidangkan.

sarden

Picture by: https://s2.bukalapak.com/

Olahan Sarden Terong Balado

Pastinya untuk kamu pecinta masakan padang, sarden terong balado menjadi olahan yang paling diminati. Perpaduan ini dipastikan akan membuat lidah kamu termanjakan. Cara membuatnya pun cukup mudah kok. Siapkan 1 kaleng sarden, 1 buah terong potong bundar atau lonjong, 1 bawang bombay iris dengan tipis, cabai rawit sesuai selera tingkat kepedasan, 2 lembar daun jeruk dan pete jika kamu suka. 

Selain itu kamu juga membutuhkan bumbu ulek seperti 7 buah cabai merah, cabai rawit sesuai selera, 5 siung bawang merah dan garam secukupnya. Untuk cara memasaknya, goreng telebih dahulu terong yang sudah kamu potong. Tumis bumbu ulek yang sudah kamu siapkan dan masukkan potongan daun jeruk aduk rata dan biarkan hingga aroma tercium wangi. Lalu tinggal masukkan sarden, terong, bawang bombay, cabai dan pete jika kamu mau. Dan sarden terong balado kamu siap untuk disantap.

Pastikan untuk memakan kedua olahan sarden di atas dengan nasi hangat ya, dijamin kamu pasti akan mau lagi dan lagi. Dari kedua cara unik masak sarden ini, mana nih yang akan kamu coba duluan? Tapi kamu wajib untuk mencoba kedua olahan di atas ya. Pastinya olahan ini nggak akan bikin kamu nyesel deh.