Jangan Lewatkan Kenikmatan Makanan Nusantara Khas Jogja Berikut

Picture by : https://i.ytimg.com

Siapa yang selalu rindu dengan suasana Jogjakarta? Kota yang memiliki beragam budaya dengan keramahan penduduknya merupakan hal yang menjadikan setiap wisatawan akan rindu untuk kembali. 

Selain itu Jogja juga merupakan salah satu surga bagi pecinta wisata kuliner. Memiliki banyak sekali pilihan makanan khas nusantara yang kaya akan cita rasa juga merupakan salah satu alasan mengapa Jogja merupakan kota yang tepat untuk dikunjungi.

Lalu jenis masakan khas nusantara apa saja kah yang wajib untuk dicoba? Yuk simak ulasan berikut. 

Gudeg dan Krecek 

Ketika mendengar kota Jogjakarta, pasti teringat makanan nusantara gudeg dan krecek. Gudeg sendiri merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda atau biasa disebutnya tewel. Nangka muda tersebut dimasak dengan daun jati sehingga menghasilkan warna coklat yang menggiurkan. Makanan ini biasa disajikan dengan kuah santan, telur, ayam kampung tempe dan sambal goreng krecek. 

Sedangkan apakah itu krecek? Krecek merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit namun dimasak bersamaan dengan sambal pedas khas Jogja. Perpaduan antara gudeg dan krecek adalah kombinasi yang menghasilkan cita rasa pedas manis yang sempurna. 

Sate Klatak 

Pecinta kambing wajib mencoba sate satu ini. Sate klatak merupakan sate yang terbuat dari daging kambing muda. Hal yang membuatnya istimewa adalah tusukan yang terbuat dari jeruji besi. Sate klatak ini juga disajikan menggunakan siraman kuah gulai dengan bumbu dapur yang kaya akan rempah-rempah. Pastinya siapa pun yang pernah mencoba, tidak akan pernah melupakan gurih nikmatnya rasa sate yang satu ini. 

Bakpia Pathuk 

Oleh-oleh paling terkenal dari Jogja berupa makanan khas yang awet adalah bakpia pathuk. Bakpian pathuk merupakan jajanan yang berbentuk bulat namun pipih. Memiliki tekstur kulit yang renyah terbuat dari tepung dengan berisikan kacang dan gula yang telah diproses hingga halus dan padat. 

Namun untuk kamu yang ingin mencoba bakpia dengan rasa lain, kini banyak lho yang sudah memberikan variasi pilihan rasa seperti keju dan coklat.

Jangan Lewatkan Kenikmatan Makanan Yangko Khas Jogja Berikut

Picture by : https://img-global.cpcdn.com

Yangko

Cemilan manis khas Jogja lainnya adalah yangko. Makanan dengan tekstur kenyal ini terbuat dari tepung ketan. Memiliki bentuk persegi dengan warna yang bervariasi ini berisikan dengan kacang tanah. Banyak yang menyatakan bahwa yangko memiliki tekstur dan rasa yang hampir sama dengan moci.

Dari beberapa makanan di atas, pastinya kini kamu tak perlu lagi ragu untuk bepergian ke kota romantis satu ini. Kamu tentu akan dipuaskan dengan banyaknya masakan bercita rasa nusantara yang dijamin akan memanjakan lidah.