masakan jepang

Picture by: https://resources.matcha-jp.com/

Selain karena budayanya yang luar biasa, Jepang juga dikenal sebagai negara dengan keragaman kuliner. Ada banyak sekali kuliner khas Jepang yang memanjakan lidah, seperti berikut ini:

Unagi

Unagi

Picture by: https://www.hokkai.com/

Unagi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang telah dikonsumsi oleh masyarakatnya sejak bertahun-tahun lamanya. Ada beberapa macam jenis makanan dari unagi, seperti uniagidon, unaju atau juga unagi no kabayaki. Makanan ini sangat digemari karena memiliki tekstur yang sedikit padat tapi cukup renyah ketika sudah dimasak dengan benar.

Onigiri

Onigiri

Picture by: https://www.masakapahariini.com/

Nah, makanan khas Jepang satu ini tentunya sudah banyak yang mengetahuinya. Onigiri merupakan kepalan nasi yang dibalut dengan nori atau rumput laut kering. Biasanya ada tambahan cacahan ikan atau daging di dalamnya tapi terkadang juga ada yang polosan atau hanya murni kepalan nasi saja. 

Fugu

Fugu

Picture by: https://i.pinimg.com/

Fugu atau ikan buntal merupakan salah satu ikan yang juga dijadikan bahan makanan di Jepang. Hanya saja, untuk dapat memasak ikan ini harus mengetahui tekniknya terlebih dahulu karena di dalamnya terdapat racun yang dapat mematikan saraf. Tidak semua restoran di Jepang yang menyediakan makanan berbasis fugu ini karena untuk dapat menjadikannya menu, maka harus memiliki sertifikat khusus.

Sakura Mochi

Sakura Mochi

Picture by: https://www.his-travel.co.id/

Saat memasuki bulan Maret atau April, maka seluruh Jepang akan terkesan berwarna merah mudah. Hal itu dikarenakan bunga Sakura mulai bermekaran sekaligus rontok jika terkena angin. Orang Jepang sendiri banyak memanfaatkan bunga-bunga Sakura ini sebagai salah satu bahan untuk membuat kue yang dinamakan Sakura Mochi. Rasa kue tersebut manis dan memiliki tekstur kenyal selayaknya mochi.

Taiyaki

Taiyaki

Picture by: https://favy-inbound-singapore.s3.amazonaws.com/

Waktu musim panas tiba, maka akan ada banyak orang yang berjualan kue bernama taiyaki. Kue dengan bentuk seperti ikan tersebut dibuat dari adonan tepung beras yang pada bagian dalamnya ditambahkan pasta kacang merah yang memiliki rasa sangat manis. Setelah itu, adonan dimasukkan ke dalam cetakan dan kemudian dipanggang.

Dango

Dango

Picture by: https://s3.amazonaws.com/

Dango adalah jajanan khas Jepang yang sering dijual pada saat musim panas tiba. Bahan untuk membuatnya adalah tepung beras yang ditumbuk berkali-kali sehingga menghasilkan tekstur kenyal dan lembut. Setelah itu, dibuat menjadi bola-bola dan ditempatkan di tusukan sate.

Tempura

Tempura

Picture by: https://lh3.googleusercontent.com/

Tempura merupakan gorengan khas Jepang yang menggunakan bahan dasar sayur-sayuran sampai dengan udang. Tidak seperti gorengan di Indonesia, tempura dimasak dengan cara khusus agar tidak berminyak dan terlihat kering ketika dihidangkan. Biasanya, tempura dihidangkan bersamaan dengan makanan lain di sebuah restoran. Jarang sekali ditemukan tempura yang dijual bijian seperti di Indonesia.

Di Indonesia juga sudah banyak lho, kuliner khas Jepang yang bisa kamu temukan. Atau tertarik untuk mencari resepnya dan membuat sendiri di rumah?