Sambal Terbaik yang Dijamin Buat Kamu Nambah

Picture by : https://img-global.cpcdn.com

Bukan warga Indonesia namanya kalau makan nggak pakai sambal. Sambal merupakan menu wajib yang ada di meja makan untuk menambah nafsu makan. Bahkan banyak lho orang yang memilih tidak makan karena tidak ada suguhan sambal dalam menu makannya.

Lalu tahukah kamu sambal apa aja sih yang paling terkenal di Indonesia? Beberapa jenis sambal berikut dijamin buat nafsu makanmu meningkat. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Sambal Matah

Sambal satu ini merupakan sambal yang berasal dari Bali. Dengan bahan-bahan yang masih fresh sambal ini memberikan kesan sangat segar dan menggairahkan ketika di makan. Aromanya pun sangat menggoda.

Bahan-bahan yang digunakan juga nggak susah kok, seperti bawang merah, cabai rawit, serai, daun jeruk dan bumbu dapur seperti garam dan penyedap rasa. Cara pembuatannya pun berbeda dengan sambal pada umumnya yang diulek hingga hancur.

Pembuatan sambal matah ini hanya cukup dengan menumis semua bahannya menggunakan minyak sayur secukupnya hingga aroma harum tercium. Setelah melalui proses tumis, tinggal beri sentuhan terakhir yaitu jeruk nipis untuk menambahkan rasa asam yang menggugah selera.

Sambal Terasi

Sambal satu ini merupakan sambal yang sangat terkenal di Pulau Jawa. Memiliki aroma khas terasi yang sangat tajam, sambal ini sangat cocok untuk dimakan bersama lalapan, ayam goreng, sayur asem bahkan sayur sop.

Terasi sendiri terbuat dari ikan atau udang yang sudah melalui proses fermentasi, sehingga dari aromanya saja sangat mudah untuk dikenali.

Bahan yang dibutuhkan juga mudah untuk dicari seperti cabai merah, cabai rawit, bawang putih, tomat merah, bawang merah dan bumbu dapur seperti garam dan gula pasir. Cara memasaknya cukup tumis terasi, bawang merah dan bawang putih, lalu masukkan tomat dan cabai secara bersamaan. Tunggu hingga layu lalu angkat dan tiriskan, proses terakhir adalah ulek semua bahan secara bersamaan dan berikan bumbu sesuai selera.

Kamu juga bisa menambahkan jeruk nipis untuk mendapatkan rasa yang lebih segar ya.

Sambal Terbaik yang Dijamin Buat Kamu Nambah Terus

Picture by : https://img.kurio.network

Sambal Kecap

Meskipun terdengar simple, ternyata sambal satu ini memiliki banyak sekali penikmat lho. Bahkan hanya dimakan bersama kerupuk dan nasi hangat saja akan memberikan rasa yang sangat menggairahkan.

Sambal kecap ini hanya memerlukan 4 bahan yaitu kecap, cabai, bawang merah dan bawang putih. Kamu bisa memakannnya tanpa perlu menumis bahan terlebih dahulu, caranya cukup ulek bawang putih, bawang merah dan cabai hingga sedikit halus, lalu tambahkan kecap dan aduk hingga kecap melumuri semua bahan yang telah diulek. Penambahan jeruk nipis juga sangat disarankan lho untuk sambal yang satu ini.

Bagaimana? Jadi lapar ya setelah membayangkan berbagai masakan yang dipadupadankan bersama sambal ini. Untuk itu, yuk langsung membuat sambal favoritmu sekarang!