ayam 1

Picture by: https://jeda.id/

Tak diragukan lagi ya, kalau ayam selalu jadi bahan masakan favorit para ibu. Bagaimana tidak, selain harganya yang terjangkau dan mudah didapat, ayam bisa diolah dengan berbagai jenis bahan dan cara. Mau digoreng bisa, ditumis nikmat, dipanggang juga tak kalah lezat! Bahkan buat kamu yang masih pemula, disarankan banget menggunakan ayam sebagai bahan masakan utama. Yuk Ladies, simak resep masakan ayam apa saja yang bisa kamu coba berikut ini!

Korean Spicy Chicken

Korean Spicy Chicken

Picture by: https://www.koreanbapsang.com/

Sering ngiler kan, ketika ada adegan dalam drama Korea di mana sepasang kekasih melahap Korean Spicy Chicken yang pedas dan renyah? Dalam bahasa Korea, masakan ini dikenal dengan nama yangnyeom chikin alias ayam berbumbu. Untuk membuatnya sangat mudah, potong ayam dengan ukuran sedang, lalu marinasi dengan jahe parut, garam, lada, dan juga sedikit perasa lemon. Diamkan selama minimal satu jam. 

Setelah itu, lumuri ayam dengan tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan air. Goreng samping kecoklatan. Untuk bumbu pedasnya, campurkan jahe parut, saos sambal, saos tomat, saos tiram, dan perasan lemon. Balurkan saus ke atas ayam, siap deh disantap!

Honey Lemon Grilled Chicken

Honey Lemon Grilled Chicken

Picture by: https://images.squarespace-cdn.com/

Kalau ingin menjajal menu masakan yang lebih fancy, bisa banget mencoba resep satu ini. Pertama, pilih dada ayam fillet dan bumbui dengan garam serta lada hitam. Panggang ayam hingga matang. Untuk sausnya, campurkan madu dan perasan lemon serta sedikit garam. Jangan lupa siapkan hidangan pendamping seperti mashed potato dan sayuran berupa wortel, buncis, serta jagung rebus.

Saus honey lemon yang asam manis, akan berpadu sempurna dengan gurihnya ayam. Kalau kamu suka versi yang lebih renyah, bisa juga kok menggoreng dada ayam dengan tepung berbumbu. Sensasi rasanya sama nikmatnya!

Ayam Lodho

Ayam Lodho

Picture by: https://img-global.cpcdn.com/

Untuk penggemar masakan Indonesia, wajib baget mencoba resep ayam lodho. Membuatnya cukup mudah kok, tinggal panggang ayam hingga setengah matang. Lalu haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe kencur, dan cabai merah. Bumbui juga dengan garam dan penyedap rasa.

Setelah bumbu dihaluskan, masukkan ke wajan bersama dengan ayam panggan. Tambahkan batang serai yang sudah dimemarkan, daun jeruk, dan juga daun salam. Masak sampai mendidih dan bumbu meresap sempurna. Nikmat banget nih, disantap dengan nasi putih hangat!

Saat menjajal resep masakan ayam di atas, jangan pernah takut untuk berkreasi ya. Bumbu-bumbunya juga cukup dikira-kira dan disesuaikan dengan selera, kok. Selamat mencoba, Ladies!