cokelat 1 min

Picture by: https://i2.wp.com/www.peluangproperti.com

Dari seluruh orang di dunia ini, mungkin kurang dari 1 persen di antaranya yang tidak suka atau alergi terhadap cokelat. Ya, memang cokelat adalah salah satu jenis makanan yang sangat disukai di berbagai negara. Bahkan sampai saat inipun, untuk momen-momen khusus, selalu menyiapkan cokelat sebagai salah satu hidangan atau jajanan yang dapat dikonsumsi oleh siapa saja.

Hanya saja, menurut konsultan pastri serta cokelat dari London, Inggris, Sarah Hartnett, mengatakan bahwa ternyata selama ini mungkin semua orang di dunia menyimpan dan memakan cokelat dengan cara yang salah. Memang, menurutnya, terlihat cukup sepele, akan tetapi apabila disimpan atau dimakan dengan cara yang benar, maka rasa dari cokelat tersebut akan lebih enak dari biasanya.

Berikut ini adalah aturan-aturan tak tertulis terkait dengan cokelat menurut Sarah.

Jangan Menyimpan Cokelat di Lemari Es

Suhu ruangan yang paling baik untuk menyimpan cokelat adalah pada 19 derajat Celcius atau 66 derajat Fahrenheit. Cokelat harus disimpan di tempat yang suhunya tidak mengalami fluktuasi terlalu tinggi dan sering. Apabila di simpan di tempat dengan suhu di atas 19 derajat Celcius, maka akan melunak atau meleleh atau juga jika disimpan di tempat yang terlalu dingin, maka akan mengeras dan menghilangkan rasa aslinya

Jangan Simpan di Satu Tempat yang Berdekatan dengan Makanan Berbau Khusus

Satu hal yang patut diingat adalah untuk tidak menyimpan cokelat di satu tempat yang di dalamnya juga terdapat makanan atau benda dengan bau khusus dan kuat. Hal itu dikarenakan senyawa di dalam cokelat dapat menyerap bau atau aroma dari makanan atau benda tersebut dan kemudian membuat rasanya menjadi aneh. Contohnya saja, apabila cokelat batangan dimasukkan ke dalam sebuah tempet tertutup yang di dalamnya ada bubuk kopi selama beberapa hari, maka ketika dikeluarkan rasa asli cokelat tersebut akan hilang dan berganti menjadi rasa kopi.

Jangan Menggigit dalam Porsi Besar

Cokelat adalah jenis makanan yang dapat meleleh ketika sudah digigit dan dimasukkan ke dalam mulut. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menggigitnya dalam porsi besar, melainkan sedikit demi sedikit saja dan biarkan cokelat tersebut meleleh sendiri di dalam mulut. Dengan begitu maka rasa asli cokelat akan dapat kamu rasakan dengan seksama.

cokelat 2 min

Picture by: https://img.okezone.com/

Cium Sebelum Memakannya

Cokelat adalah jenis makanan yang memiliki aroma dan rasa yang dapat langsung ‘menembak’ sensor perasa manusia. Oleh karenanya, sebelum memakannya, cium aroma dari cokelat tersebut dan indera perasa dan pengecapmu akan secara otomatis bereaksi dengan cepat.

Jangan Melelehkan Cokelat di Atas Air

Ketika ingin membuat kue atau sejenisnya menggunakan bahan cokelat, maka tidak sedikit yang akan menggunakan air atau mengembunkannya agar mendapatkan bentukan yang sudah meleleh. Sayangnya, hal tersebut tidak dianjurkan karena ada cara yang lebih efektif dan tidak membuat aroma dan rasanya berubah, yaitu dengan memasukkan cokelat batangan ke dalam wadah khusus dan kemudian meletakkannya di dalam microwave. Setelah itu panaskan dengan durasi waktu tertentu sampai cokelat tersebut meleleh dengan sendirinya.