BERAS MERAH 2

Picture by: https://d324bm9stwnv8c.cloudfront.net

Seperti yang kamu ketahui pada umumnya nasi yang banyak beredar di pasaran adalah nasi putih yang dikenal dengan nama latin Oryza Sativa. Nah, tapi untuk kamu pejuang tubuh ideal sangat disarankan untuk mengganti karbohidrat pokok sehari-hari, dengan nasi merah atau dikenal dengan Oryza Nivara. 

Nasi merah atau beras merah ini terkenal kaya akan serat, vitamin dan mineral. Dan yang terpenting lainnya adalah beras ini memiliki kadar gula yang jauh lebih sedikit dibanding dengan beras putih. Makanya, nggak heran kan kalau para dokter dan ahli gizi menyarankan kamu untuk mengganti beras putih menjadi beras merah ketika sedang diet.

Tapi, ada hal yang perlu diperhatikan saat memasak beras merah ini. Teksturnya yang cenderung lebih keras membuat kamu yang baru akan mencoba memasaknya pasti sedikit bingung. Jika kamu nggak tau tricknya, bisa-bisa beras yang kamu masak malah akan jadi kurang matang dan bikin kembung lho. Untuk itu intip yuk cara memasak beras merah dengan baik dan benar berikut.

Cuci dan Rendam Beras Merah 

Seperti sewajarnya beras sebelum dimasak, beras merah juga harus dibilas dan dicuci terlebih dahulu. Cuci hingga benar-benar bersih dengan air mengalir. Lalu karena beras merah memiliki tekstur yang sedikit keras, maka kamu bisa rendam terlebih dahulu untuk membuatnya sedikit mengembang. Cukup rendam 30 menit, jangan rendam terlalu lama karena bisa menghilangkan kandungan mineral di dalam beras.

Lakukan Perbandingan 3:1, 3 untuk Air dan 1 untuk Beras

Hal ini cukup penting kamu lakukan agar beras merah tetap terasa pulen. Lakukan perbandingan 3:1 dengan air lebih banyak, ini agar beras tidak memiliki tekstur terlalu keras atau masih setengah matang. Memang beras merah membutuhkan air sedikit lebih banyak dibandingkan dengan beras putih.

BERAS MERAH

Picture by: https://www.merdeka.com

Diamkan Nasi 10 Menit Setelah Matang

Ketika nasi merah kamu sudah matang, biarkan nasi 10 menit lebih lama di dalam rice cooker. Jangan buru-buru untuk segera memakannya. Hal ini tentu saja diperuntukkan agar nasi yang kamu masak lebih bisa matang dan mengembang. Setelah 10 menit berlalu, langsung deh santap nasi merah yang telah kamu masak dengan lauk sayur atau protein lain yang rendah kalori ya.

Mudah sekali kan cara memasak nasi merah ini, memang memiliki trick tersendiri untuk memasaknya. Tapi di balik khasiat yang luar biasa, kamu pasti akan rela melakukannya bukan? Jadi untuk tubuh ideal dan sehat tunggu apa lagi? Yuk mulai ganti nasi putih kamu dengan red rice.