Jajanan Tradisional dengan Rasa dan Bentuk yang Unik

Picture by : https://i.ytimg.com

Indonesia merupakan negara dengan sejuta misteri, bukan hanya budaya, bahasa dan kekayaan alam saja, tapi Indonesia juga negera yang kaya akan warisan kuliner. Bukan hanya makanan berat saja lho, ternyata banyak sekali warisan jajanan tradisional yang memilki cita rasa wajib dicoba.

Lalu apa saja sih ajanan tradisional yang memiliki keunikan dan rasa yang tak terlupakan ini, yuk simak ulasan berikut.

Klepon

Klepon merupakan jajanan tradisional yang biasanya di jajakan di pasar-pasar tradisional. Terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang berbentuk bulat dengan isian gula merah yang akan meledak di mulut ketika digigit.

Pada umumnya warna dari kue klepon ini adalah hijau, kenikmatan klepon ini bertambah dengan adanya taburan kelapa parut yang memberikan rasa gurih. Usut punya usut pembuatan kue klepon ini dulunya diperuntukkan untuk hantaran yang dibagikan ke tetangga terdekat.

Hantaran ini menyimbolkan rasa syukur karena telah sembuh dari penyakit bisul. Itulah mengapa kue klepon dapat meledak ketika digigit. Jadi jangan sampai kamu menggigitnya di luar mulut ya, dijamin gula yang menjadi isiannya akan tumpah dan menyembur ke segala penjuru arah.

Lemper

Masih berkaitan dengan bahan dasar berbau ketan, jajanan satu ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan sehingga memiliki rasa yang sangat gurih. Beras ketan yang telah matang kemudian diisi dengan ayam yang sudah ditumis dengan bumbu nusantara sehingga menghasilkan rasa yang kompleks dan bikin ketagihan.

Setelah itu jajanan ini dibungkus dengan daun pisang untuk menghasilkan aroma yang harum. Jajanan lemper selalu terdapat di hantaran acara-acara syukuran, hal ini dikarenakan lemper dipercaya dapat mempererat tali persaudaraan dan melambangkan rezeki yang akan terus melekat.

Jajanan Tradisional dengan Rasa dan Bentuk Unik

Picture by : https://thegorbalsla.com

Kue Lumpur

Jajanan satu ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis dan gurih. Terbuat dari tepung terigu, santan, margarin, gula dan telur sehingga menghasilkan rasa yang sangat unik. Selain itu cara pembuatan kue lumpur ini dengan cara dipanggang pada suatu cetakan berbentuk lingkaran.

Untuk menambahkan kesan yang manis dan menarik kue lumpur terkenal dengan topping kismis yang diletakkan tepat di tengah. Ternyata kue lumpur ini terinspirasi dari kue asal portugis yang benama pasteis de nata.

Ketiga kue di atas menjadi bukti bahwa Indonesia negara yang kaya akan waisata kulinernya. Semua kue tersebut bisa kamu dapatkan di pasar-pasar tradisional atau tempat khusus yang menjual makanan khas Indonesia.