sopan santun

Picture by: https://cdn.popmama.com/

Anak-anak bagaikan kanvas kosong yang bisa dengan mudahnya dilukis menggunakan berbagai warna. Namun bukan berarti mudah untuk mengajarkan mereka berbagai hal termasuk kesopanan. Ada kalanya apa yang diucapkan orang tua hanya masuk kuping kiri dan keluar kuping kanan. Tapi jangan khawatir Ladies, cobalah 5 langkah mudah ini untuk mengajari anak sopan santun.

Bersikaplah Sopan 

Ketika kamu memberikan perintah kepada anak untuk melakukan sesuatu, seperti “Rapikan mainanmu,” “Jangan lari-larian,” atau juga “Pakai jaket kalau mau pergi,” mungkin akan terdengar biasa saja. Tapi, kesannya akan sedikit berubah jika kamu menambahkan kata “tolong” dan mengakhirinya dengan “terima kasih.” Dengan bersikap sopan seperti itu, maka secara tidak langsung kamu telah memberikan contoh yang baik kepada anak. Ditambah lagi, anak akan memahami dan juga menggunakannya dalam kehidupan mereka sehari-hari tanpa disadari.

Jangan Mengabaikannya

Ada kalanya, setiap orang tua ingin memiliki barang 1 atau 2 jam me time setiap harinya di tengah aktivitas sehari-hari. Tidak jarang yang akan menyuruh anak melakukan aktivitasnya sendiri, seperti bermain, menonton film atau lainnya yang dapat membuat mereka sibuk dan tidak mengganggumu. Memang tidak salah ingin memiliki waktu sendiri itu, tapi ketika sudah memiliki anak, kamu harus kompromi akan segala hal, termasuk direcoki oleh si buah hati. Jika kamu mengabaikannya, maka anak akan merespon bahwa mereka tidak dibutuhkan dan akan ada aksi ‘pemberontakan’ kecil yang mereka lakukan. Ujungnya adalah dia tidak akan terlalu bersikap sopan kepadamu.

Ajari Kesabaran

Seorang anak tentunya adalah sosok individu baru yang terus belajar, oleh karenanya di fase itu, kamu harus telaten mengajarkan dia kesabaran. Contohnya saja, ketika dia tidak dapat membuka kotak mainannya sendiri, maka ajarkan dia untuk bersabar dengan tidak memotong pembicaraanmu saat sedang ngobrol dengan orang lain atau lainnya.

mengajarkan kesabaran

Picture by: https://www.geranium.com/

Ajari Saling Menghormati

Ketika bermain, tentunya akan selalu ada momen di mana gesekan kecil antar-anak terjadi. Kamu harus berperan aktif dalam hal ini dengan mengajarkan agar dia lebih menghormati anak lainnya atau juga mengalah. Ditambah juga, ajari dia mengenai pentingnya meminta maaf jika berbuat salah dan tidak melakukan hukuman fisik apabila ada yang menjahilinya.

Gunakan Suara Tegas untuk Hal Tertentu

Selain keluarga, anak akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman dari sekolah dan juga masyarakat. Ketika berada di luar lingkup keluarga, maka akan ada banyak hal, termasuk kata-kata buruk yang bakal dia dengar. Ketika dia mengucapkannya di rumah, hal yang patut kamu lakukan adalah dengan tidak menghukumnya, melakukan menggunakan suara yang tegas untuk menjelaskan bahwa kata-kata atau perilaku tertentu itu buruk dan tidak layak dilakukan atau ucapkan.

Lakukan semuanya secara konsisten ya Ladies, agar si kecil benar-benar memahami dan mempraktekkan sopan santun yang ia pelajari.