Mengajari anak menabung

Picture by: https://www.appletreebsd.com/

Kamu sering pusing karena anak terus meminta uang jajan? Tentunya hal tersebut secara tidak sadar dapat membuatmu marah, bukan? Nah, oleh karenanya, diperlukan sebuah pengaturan keuangan yang tepat.

Pengaturan keuangan atau disebut juga dengan istilah manajemen keuangan ini nggak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja lho. Anak-anak juga perlu mengetahuinya sebagai bekal dia menuju masa remaja dan dewasa. Nggak perlu yang rumit, tapi setidaknya mereka tahu bahwa untuk mendapatkan uang memerlukan usaha tersendiri. 

Lalu cara apa yang harus kamu lakukan untuk mengajari mereka? Yuk simak tips mengenalkan manajemen keuangan pada anak berikut.

Kenalkan Lebih Dalam Arti Nilai Tukar 

Anak kamu memang sudah mengetahui nominal nilai uang, tapi apakah kamu yakin bahwa mereka tahu arti nilai tukar sebenarnya? Untuk mengawalinya kamu bisa menggunakan simulasi mini market di rumah. Apa sih simulasi mini market? Jadi kamu menyediakan berbagai macam kue dan mainan yang disukai si kecil. Lalu mulailah menulis nilai tukar sebagai suatu perjanjian. 

Contohnya “membuang sampah di tempat sampah = susu coklat” yang berarti ketika si kecil membuang sampah dengan benar di tempat sampah, maka dia akan mendapatkan susu coklat. Sehingga si kecil akan tahu arti nilai tukar sebenarnya. 

Batasi Pemberian Uang 

Setelah mereka tahu arti nilai tukar sesungguhnya. Mulailah kamu mengajari untuk membatasi pemberian uang. Misalkan untuk setiap harinya kamu memberikan uang jajan Rp10.000. Maka ketika uang mereka habis kamu harus menegaskan bahwa tidak ada uang lagi yang bisa kamu berikan. Kuatkan hatimu ketika si kecil merengek ya. Ajarkan kedisiplinan agar mereka tahu bahwa segala sesuatu memiliki batasan.

Ajarkan Menulis Daftar Keinginan

Pastinya si kecil selalu menginginkan segala hal. Namun, sebagai orang tua kamu harus bisa mengajarkan mereka arti sabar. Jadi, biarkan mereka mendaftar semua keinginan mereka. Lalu biarkan mereka berpikir, bagaimana caranya memenuhi daftar keinginan mereka dengan uang yang si kecil miliki. 

Mengajari anak menabung 2

Picture by: https://www.ibudanbalita.com/

Membiasakan Menabung 

Pastikan kamu mengajarkan menabung sejak dini. Beri pengertian arti penting menabung. Mungkin awal-awal si kecil mempraktekkan akan murung karena uang saku mereka dipotong untuk di masukkan ke celengan. Tapi lama kelamaan mereka akan mengetahui manfaat menabung dan dapat melakukannya dengan senang hati.

Tips di atas akan membantu kamu untuk memulai bagaimana cara untuk mengajarkan manajemen keuangan pada si kecil. Pastikan hati kamu tidak tergoyah ketika melihat wajah si kecil cemberut karena uang jajannya telah habis ya!