Ingin Memiliki Bayi
Picture by: https://www.parents.com/

Ini adalah beberapa hal yang dapat di lakukan sebelum hamil untuk memberikan perbedaan antara kesehatan ibu hamil serta bayi.

Ada hal yang dapat dilakukan sekarang sebelum memulai program untuk mempunyai jabang bayi yang dapat mempengaruhi kesuburan dan kesehatan bayi.

  1. Dapatkan pertolongan untuk berhenti merokok

Merokok mempengaruhi kesuburan (kemampuan untuk hamil) pada pria serta wanita. Apabila Anda hentikan merokok sekarang, itu akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Merokok juga telah terbukti merusakkan DNA bayi Anda. Selama hamil, merokok ialah faktor risiko paling besar untuk komplikasi serius dalam kehamilan yang dapat Anda ubah.

  1. Mulai konsumsi asam folat saat ini

Asam folat perlu diperbanyak pada tubuh Anda untuk memberi perlindungan maksimal bagi bayi Anda terhadap cacat saraf. Banyak wanita hamil dalam waktu satu bulan setelah mencoba, sehingga sangat cocok untuk mulai memakan asam folat dua bulan sebelum Anda menghentikan KB. Apabila Anda sudah menghentikan kontrasepsi, mulailah konsumsi suplemen asam folat setiap hari sampai Anda hamil 12 minggu.

Ingin Makanan Sehat Memiliki Bayi
Picture by: https://www.motherandbaby.co.uk/
  1. Konsumsi makanan dengan benar

Anda dapat meningkatkan kesuburan Anda dengan konsumsi makanan yang sehat serta seimbang. Makanan paling baik termasuk gandum utuh, lemak tak jenuh, serta protein dan kacang-kacangan.

Atur Pola makan Anda sebelum dan selama kehamilan juga akan mempengaruhi perkembangan bayi Anda di dalam kandungan serta kesehatannya di kemudian hari.

Ahli diet dapat mensuport jika Anda mempunyai keadaan tertentu yang membutuhkan diet atau keperluan gizi tertentu, seperti diabetes .

  1. Kurangi asupan kafein Anda

Riset menunjukkan bahwasanya mengkonsumsi terlalu banyak kafein saat Anda coba untuk hamil dapat meningkatkan efek keguguran. Penelitian menunjukkan bahwasanya ini berlaku untuk perempuan dan pria. Sangat banyak kafein dalam keadaan hamil juga telah terbukti rawan bagi bayi yang sedang berkembang.

Jika Anda berencana untuk hamil, Anda serta pasangan mesti mempertimbangkan untuk batasi asupan kafein.

  1. Cobalah untuk menjaga berat badan yang sehat

Cari pengetahuan terus tentang kelebihan berat badan. Menjadi kurus itu dapat mempengaruhi kesuburan Anda dan menyebabkan masalah kesehatan kehamilan. Ini bisa mendukung untuk menambah berat badan secara bertahap dengan cara sehat. Ada banyak alasan mengapa seseorang sering kekurangan berat badan.

Ingin Memiliki Sehat Bayi
Picture by: https://www.livingwith.health/
  1. Tetap aktif

Jadi aktif dengan melakukan olahraga teratur  sebelum serta sesudah Anda hamil akan membantu kesuburan Anda serta bermanfaat bagi kesehatan kehamilan dan jabang bayi Anda dalam jangka panjang. Perempuan yang aktif secara fisik bertambah cenderung memiliki anak yang juga aktif secara fisik.

latihan kekuatan untuk dua jam ataupun lebih dalam seminggu untuk melatih seluruh otot dalam tubuh.

  1. Berhenti minum alkohol

Minum alkohol selama kehamilan meningkatkan efek komplikasi. Hal ini lebih-lebih berlaku kira-kira tiga bulan pertama kehamilan , ketika inilah otak bayi berkembang. Anda tidak akan tahu kapan Anda hamil serta itulah mengapa rekomendasinya ialah bahwa hal yang sangat aman untuk dikerjakan adalah tidak minum alkohol sama sekali jika Anda sedang ingin mencobanya untuk mempunyai bayi. Mungkin sangat susah bagi seorang untuk berhenti minum alkohol. Ada team ahli yang tersedia jika Anda membutuhkan dukungan mereka.

  1. Jangan minum obat penenang tanpa resep

Obat penenang tanpa resep, sebagaimana ganja atau kokain dapat berkontribusi pada masalah kesuburan pria serta wanita. Obat terlarang juga dapat mengakibatkan komplikasi serius pada kehamilan. Mungkin amat susah bagi sebagian orang untuk menghentikan minum obat-obatan. Ada saran dan layanan perawatan yang tersedia apabila Anda membutuhkan dukungan.

  1. Lakukan tes skrining serviks

Apabila Anda berusia antara 25 dan 49 tahun, Anda harus menjalani tes skrining serviks setiap tiga tahun. Yang terbaik adalah melakukan tes sebelum hamil.

Jika Anda merencanakan kehamilan, hubungi dokter Anda untuk mengetahui apakah skrining Anda akan dilakukan saat ini ataupun dalam tahun depan.